Penulis Utama : Rhisma Danish Linggarwati
NIM / NIP : B3218048
×

Pesawat dinilai menjadi transportasi paling efektif untuk menjangkau lokasi jauh dengan waktu yang relatif lebih singkat sesuai dengan tujuan wisatawan. Travel agent memiliki hubungan yang cukup erat dengan tiket pesawat dimana travel agent memiliki peran untuk meramaikan penjualan tiket pesawat, Namun setelah munculnya  Covid-19 penjualan tiket pesawat mengalami penurunan permintaan yang sangat pesat. Hal ini berpengaruh terhadap daya beli masyarakat pada tiket pesawat, maka diperlukan upaya pemasarn yang tepat dan efektif agar tetap bertahan dalam masa pandemi ini sehingga dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi yang dapat dijadikan pertimbangan bagi upaya pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan tiket pesawat pada masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi dengan teknik wawancara yaitu praktik kerja yang dilakukan langsung di kantor Nusantara Tour. Data diperoleh dengan teknik wawancara yang dilakukan langsung kepada Branch Manager, Supervisor, dan Travel Consultant. Studi pustaka digunakan untuk mendapatkan referensi jurnal yang dipublikasikan secara online, seperti Digital Library Universitas Sebelas Maret Surakarta serta dokumen berupa brosur, arsip dan dokumen Nusantara Tour The Park Solo Baru.  
Hasil dari penelitian ini adalah mengenai konsep atau ide yaitu upaya pemasaran dalam meningkatkan penjualan melalui 1). Aplikasi Youtube sebagai media promosi dan media iklan berbayar 2). Aplikasi Tiktok 3). Melalui Flyer. Persiapan yang dilakukan dalam merealisasikan upaya tersebut yaitu 1). Analisa pasar 2). Biaya perikalanan 3). Melakukan promosi. Kemudian kendala-kendala tereaslisasinya upaya pemasaran 1. Kompetitior 2). Penipuan online.  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya pemasaran Nusantara Tour The Park Solo Baru dalam meningkatkan penjualan tiket pesawat sangat efektif karena ditunjang  oleh perkembangan teknologi  sangat cepat dan baik Dalam hal ini ide baru yang akan digunakan untuk Nusantara Tour yaitu melalui Aplikasi Youtube digunakan sebagai media promosi dan media promosi iklan berbayar, selain itu menggunakan aplikasi tiktok dan promosi melalui flyer. Dalam merealisasikan suatu upaya pemasaran perlu adanya persiapan yang matang khususnya dalam pembahasan ini. Adapun persiapan upaya pemasaran untuk meningkatkan penjualan antara lain: analisa pasar, biaya periklanan dan melakukan promosi. Disamping melakukan persiapan sterealisasinya upaya pemasaran tentu ada kendala yang dihadapi. Kendala-kendala yang dihadapi antara lain: adanya kompetitor dan penipuan online.
 
Kata kunci: Upaya pemasaran, Tiket Pesawat, Penjualan

 

×
Penulis Utama : Rhisma Danish Linggarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218048
Tahun : 2021
Judul : Upaya Pemasaran Tiket Pesawat pada Nusantara Tour The Park Solo Baru Sukoharjo di Tengah Pandemi Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218048
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tomi Agfianto, S.ST.,M.Par
2. Jimmi Sandi Prasetyo,S.ST.Par.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.