Penulis Utama : Aditya Tri Wijaya
NIM / NIP : E0017009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses atau tata cara penyelesaian perselisihan hubungan industrial khususnya pemutusan hubungan kerja oleh mediator Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar dan mengkaji peran mediator dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Karanganyar pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empisis yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis dan pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu model interaktif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran mediator Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial di Kabupaten Karanganyar pada masa pandemi covid-19 masih belum optimal. Hal ini mengacu dari jumlah perselisihan yang masuk di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar dengan upaya penyelesaian yang dihasilkan baik melalui perjanjian bersama maupun anjuran tertulis. Jumlah penyelesaian perselisihannya lebih banyak menghasilkan anjuran tertulis sebanyak 35 perkara dibandingkan perjanjian bersama sebanyak 21 perkara dari total keseluruhan 72 perkara. Prosentase anjuran tertulis sebesar 48,61% dan perjanjian bersama sebesar 29,17%. Mengenai jumlah kasus perselisihan PHK terdapat sebanyak 59 perkara, antara lain yang mencapai perjanjian bersama sebanyak 19 perkara dan anjuran tertulis sebanyak 30 perkara. Pelaksanaan prosedur penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui mediasi oleh mediator Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar sudah sangat baik dan tidak secara monoton mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, melainkan terdapat pengembangan tahapan penyelesaian perselisihan.

Kata Kunci : Mediator, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar, dan   Penyelesaian

×
Penulis Utama : Aditya Tri Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017009
Tahun : 2021
Judul : Peran Mediator Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karanganyar dalam Menyelesaikan Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rahayu Subekti, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.