Penulis Utama : Shofiyah
NIM / NIP : K1319065
×

Shofiyah. K1319065. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMPIT IBNU ABBAS KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan menghafal siswa kelas VIII SMPIT Ibnu Abbas Klaten. (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa penghafal Al-Qur’an ditinjau dari kemampuan menghafal siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII SMPIT Ibnu Abbas Klaten yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan menghafal tinggi, 2 siswa dengan kemampuan menghafal sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan menghafal rendah. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang dicari adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ketika menyelesaikan soal pola bilangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sumber data penelitian ini meliputi dokumen, lembar jawab tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan hasil wawancara berbasis tugas. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan menghafal tinggi dan sedang mampu menyelesaikan soal pola bilangan tipe LOTS hingga langkah reflect and extend, siswa dengan kemampuan menghafal rendah mampu menyelesaikan soal pola bilangan tipe LOTS hingga langkah find an answer, dan pada pengerjaan soal tipe HOTS siswa dengan kemampuan menghafal tinggi dan sedang mampu menyelesaikan soal pola bilangan hingga langkah find an answer dan indikator reflect, kemudian siswa dengan kemampuan menghafal rendah mampu menyelesaikan hingga langkah select a strategy; 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa penghafal Al-Qur’an ditinjau dari kemampuan menghafal adalah manajemen waktu dan motivasi diri.

×
Penulis Utama : Shofiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319065
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMPIT IBNU ABBAS KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Kemampuan Pemecahan Masalah, Krulik-Rudnick, Pola Bilangan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd.
2. Henny Ekana Crisnawati, S.Si., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.