Penulis Utama : Ratna Hapsari Eka Putri
NIM / NIP : S081708011
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menentukan perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) bernuansa kearifan lokal dengan menggunakan metode proyek dan metode eksperimen, (2)menentukan perbedaan hasil belajar  siswa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dan rendah, (3)menentukan perbedaan hasil belajar  siswa yang memiliki tingkat sikap ilmiah tinggi dan rendah, (4)mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) bernuansa kearifan lokal dengan menggunakan metode proyek dan metode eksperimen dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa, (5)mengetahui adanya  interaksi antara model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) bernuansa kearifan lokal dengan menggunakan metode proyek dan metode eksperimen dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa, (6) mengetahui adanya  interaksi antara kreativitas dan sikap ilmiah  dengan hasil belajar siswa, (7) mengetahui adanya  interaksi antara model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek dan metode eksperimen dengan kreativitas dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa.
aPenelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Slahung, Kabupaten Ponorogo. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari empat kelas, sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data hasil belajar pengetahuan dengan metode tes, hasil belajar sikap dan keterampilan dengan metode observasi, serta kreativitas dan sikap ilmiah dengan metode angket. Teknik pengolahan data dengan analisis varians tiga jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) ada perbedaan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan pada kelas yang diberi pembelajaran dengan model PBL bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek dan metode eksperimen dimana hasil belajar keterampilan kelas proyek lebih baik dari kelas eksperimen. Sedangkan hasil belajar pengetahuan dan sikap tidak ada perbedaan. 2) Ada  perbedaan hasil belajar siswa aspek pengetahuan antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, dimana hasil belajar pengetahuan siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas rendah. Namun tidak ada  perbedaan hasil belajar siswa aspek sikap dan keterampilan antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. 3) Ada  perbedaan hasil belajar siswa aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah. Hal tersebut menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. 4) Ada  interaksi antara model PBL bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek dan metode eksperimen dengan kreativitas siswa  terhadap hasil belajar siswa pada semua aspek, baik pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal tersebut karena penggunaan metode yang kontrusktivis dengan kreativitas siswa yang tinggi berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. 5) Ada interaksi antara model PBL bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek  dan metode eksperimen dengan sikap ilmiah  siswa terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan sikap. Namun tidak ada interaksi antara model PBL bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek  dan metode eksperimen dengan sikap ilmiah  siswa terhadap hasil belajar siswa aspek keterampilan. 6) Tidak ada interaksi antara kreativitas dengan sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar siswa pada semua aspek . Hal ini dikarenakan kreativitas dan sikap ilmiah memberikan pengaruh yang terpisah terhadap hasil belajar siswa. 7) Tidak terdapat interaksi antara model PBL bernuansa kearifan lokal dengan metode proyek dan metode eksperimen dengan kreativitas dan sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan metode, kreativitas dan sikap ilmiah memberikan pengaruh yang terpisah terhadap hasil belajar siswa
Kata Kunci : PBL (Problem Based Learning), Proyek, Eksperimen, Kreativitas, Sikap Ilmiah

×
Penulis Utama : Ratna Hapsari Eka Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081708011
Tahun : 2020
Judul : Model PBL (Problem Based Learning) Bernuansa Kearifan Lokal Menggunakan Metode Proyek Dan Eksperimen Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Fisika (Pembelajaran Materi Dinamika Rotasi & Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Slahung, Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S081708011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Sukarmin, S.Pd.,M.Si., Ph.D
Penguji : 1. Dr . Sarwanto, S.Pd, M.Si.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S. Si, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.