Penulis Utama : Samin
NIM / NIP : S811902009
×

SAMIN, 2023. Pengembangan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di MTsN 4 Karanganyar. Tesis. Pembimbing:  Prof. Drs. Gunarhadi, Ph.D. Kopembimbing: Dr. Agus Efendi, M.Pd. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan,   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan proses pembelajaran Mata Pelajaran Informatika kelas VII di MTsN 4 Karanganyar yang selama ini berlangsung;  2) mendeskripsikan prosedur pengembangan Game Edukasi  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Informatika; 3) menguji keefektifan dan kebermaknaan penerapan Game Edukasi  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Informatika di MTsN 4 Karanganyar

Penelitian pengembangan game edukasi ini menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari lima tahapan 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation) dan 5) evaluasi (evaluation).  Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan game edukasi berdasarkan skor kriteria, dan analis kemampuan berpikir kritis melalui t-test.

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : 1) Pembelajaran Informatika di MTsN 4 Karanganyar dilaksanakan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada masa Pandemi COVID-19 dilaksanakan 50% luring dan 50?ring, kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan analisis membutuhkan adanya pengembangan game edukasi mata pelajaran Informatika. 2) Game edukasi telah berhasil dikembangkan mengacu pada analisis kebutuhan. Game edukasi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik, diperoleh hasil kelayakan ahli materi pada rata-rata 4,75 termasuk kategori sangat baik, ahli media pada rata-rata 4,65 termasuk kategori sangat baik, dan hasil uji coba siswa pada uji coba kelompok kecil (Main Field Test) pada rata-rata 3,90 termasuk kategori sangat baik. Pada uji coba skala luas (Operational Field Test) ada pada rata-rata 3,91 termasuk  dalam kategori sangat baik.  Selanjutnya  dapat  disimpulkan game edukasi informatika untuk kelas VII SMP/MTs ini layak digunakaan  sebagai media  pembelajaran  Informatika.  3) Game edukasi Informatika Critical adventure efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan N-gain Score sebesar 0,602 yang menunjukkan kategori sedang.

×
Penulis Utama : Samin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811902009
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI MTsN 4 KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pengembangan, game edukasi, berpikir kritis.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/48637
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A.,Ph.D
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd
2. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.