Penulis Utama : Muhammad Anglas Bayu Rendra
NIM / NIP : K4617077
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Cedera apa saja yang terjadi pada atlet yunior putra 10-11 tahun pada klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo tahun 2021. 2) Penyebab cedera apa saja yang terjadi pada atlet yunior putra 10-11 tahun pada klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo tahun 2021.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2021- Juni 2021. Sumber data penelitian ini meliputi atlet yunior putra 10-11 tahun pada klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo. Teknik Pengumpulan data adalah dengan cara observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengecekan keakuratan data yaitu: program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23 for Windows.
Hasil Penelitian : 1) Cedera ringan yang pernah terjadi pada PB Putra Utama yaitu cedera memar pada bagian kaki dan lecet, Cedera sedang yang pernah terjadi yaitu cedera pada otot-otot atau tendon (strain). Cedera berat yang pernah terjadi yaitu cedera dislokasi pada sendi bahu. 2) Cedera ringan yang sering terjadi pada PB Etihad yaitu cedera kram, Cedera sedang yang pernah terjadi yaitu cedera pada ligament (sprain), Cedera berat yang sering terjadi yaitu cedera dislokasi pada bagian sendi lutut. 3) Cedera ringan yang pernah terjadi pada PB Smash yaitu cedera Lecet, Cedera sedang yang pernah terjadi yaitu cedera pada otot-otot tendon (strain), Cedera berat yang pernah terjadi yaitu cedera dislokasi pada bagian ibu jari tangan. 4) . Cedera ringan yang dialami atlet PB Tangkis yaitu cedera Memar dan Kram, Cedera sedang yang pernah terjadi yaitu cedera pada ligament (sprain), Cedera berat yang pernah terjadi yaitu cedera dislokasi pada sendi bahu.
Kesimpulan : 1) Cedera ringan yang pernah terjadi di klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo termasuk pada kriteria jarang terjadi terdiri dari PB Etihad. Kemudian, cedera ringan pada kriteria pernah terjadi terdiri dari 3 klub yakni PB Putra Utama, PB Smash dan PB Tangkis. 2) Cedera sedang yang pernah terjadi di klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo termasuk pada kriteria jarang terjadi yakni PB Etihad. Kemudian, cedera sedang pada kriteria pernah terjadi yaitu PB Putra Utama, PB Smash, dan PB Tangkis. 3) Cedera berat yang pernah terjadi di klub bulutangkis se-Kabupaten Sukoharjo termasuk pada kriteria jarang terjadi yakni PB Etihad. Kemudian, cedera berat pada kriteria pernah terjadi yaitu PB Putra Utama, PB Smash, dan PB Tangkis.

Kata Kunci : cedera olahraga, penyebab cedera, Atlet Yunior, Bulutangkis

 

×
Penulis Utama : Muhammad Anglas Bayu Rendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617077
Tahun : 2021
Judul : Identifikasi Cedera Olahraga pada Atlet Yunior Putra 10-11 Tahun pada Club Bulutangkis Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan-K4617077
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
2. Waluyo, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.