Penulis Utama : Ade Amallia
NIM / NIP : S022108001
×

Ade Amallia. S022108001. Meta-Analisis Pengaruh Pendidikan Ibu, Letak Geografis Tempat Tinggal Ibu, Tempat Bersalin Ibu Terhadap Pemberian ASI Eksklusif. Pembimbing I : Dr. Eti Poncorini Pamungkasari dr., M. Pd. Pembimbing II : Dr. Rita Benya Adriani, S. Kp. M. Kes. Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Latar Belakang: Kesehatan dan kecerdasan menjadi dasar pondasi utama terciptanya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif menjadi salah satu langkah terbaik guna meningkatkan kualitas SDM sejak dini, dalam enam bulan pertama kehidupan bayi. Keberhasilan dari pemberian ASI eksklusif disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya usia, tingkat pendidikan yang tergolong rendah, kurangnya pemanfaatan layanan fasilitas kesehatan, dan meningkatnya pemasaran susu formula di wilayah perkotaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan ibu, letak geografis tempat tinggal ibu, dan tempat bersalin terhadap pemberian ASI eksklusif.

Subyek dan Metode: Peneliti menggunakan penelitian systematic review dan meta-analisis, dengan merumuskan penilaian peneliti dalam PICO sebagai berikut. Population: Ibu menyusui. Intervention: pendidikan dasar, pedesaan, layanan fasilitas kesehatan. Comparison: Pendidikan tinggi, perkotaan, tanpa layanan fasilitas kesehatan. Outcome: ASI eksklusif. Artikel yang digunakan diperoleh dari beberapa database yaitu PubMed, Google Scholar, Science Direct, MDPI dan Scopus. Kata kunci pencarian artikel adalah “maternal education” AND “residence“ AND ”delivery place “ AND ”exclusive breastfeeding” AND, cross-sectional. Kriteria inklusi artikel penelitian adalah artikel full-text menggunakan desain studi cross-sectional, subjek penelitian adalah ibu menyusui, dengan hasil penelitian adalah pemberian ASI eksklusif yang setelahnya dilakukan analisis multivariat dengan adjusted Odds Ratio (aOR). Data dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager (RevMan 5.3).

Hasil: 20 artikel dengan studi cross-sectional yang melibatkan 107,952 ibu menyusui dari 3 benua yaitu Asia, Eropa, dan Afrika untuk dijadikan tinjauan sistematis dan meta-analisis. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa ibu dengan tingkat pendidikan yang tinggi memiliki kemungkinan untuk memberikan ASI eksklusif 1.27 kali dibandingkan ibu dengan tingkat pendidikan rendah (aOR= 1.27; CI 95%=1.01 hingga 1.59; p= 0.040). Ibu yang bertempat tinggal di area pedesaan memiliki kemungkinan untuk memberikan ASI eksklusif 2.16 kali dibandingkan ibu yang bertempat tinggal di area perkotaan (aOR= 2.16; CI 95%= 1.17 hingga 4.01; p=0.010). Ibu yang melahirkan di fasilitas layanan kesehatan memiliki kemungkinan untuk memberikan ASI eksklusif 1.79 kali dibandingkan ibu yang melahirkan di luar layanan fasilitas kesehatan (aOR= 1.79; CI 95%= 1.54 hingga 2.07; p=0.005)

Kesimpulan: Pendidikan ibu, letak geografis tempat tinggal ibu dan tempat bersalin meningkatkan, kemungkinan pemberian ASI eksklusif.

Kata kunci: maternal education, residence, delivery place, exclusive breastfeeding

Korespodensi: Ade Amallia. Pascasarjana lmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret. Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta 57126, Jawa Tengah, Indonesia. Email: amalliaadelia@gmail.com. Hp: 081228466836

×
Penulis Utama : Ade Amallia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022108001
Tahun : 2023
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Pendidikan Ibu, Letak Geografis Tempat Tinggal Ibu, Tempat Bersalin Ibu Terhadap Pemberian ASI Eksklusif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Maternal Education, Residence, Delivery Place, Exclusive Breastfeeding
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari dr., M. Pd
2. Dr. Rita Benya Adriani, S. Kp. M. Kes
Penguji : 1. Prof. Bhisma Murti., dr., MPH., MSc.,Ph.D
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.