Penulis Utama : Heny Kusuma W
NIM / NIP : T842008007
×

Heny Kusuma Widyaningrum. 2022. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Sastra Anak Melalui Website Berbasis Flipped Classroom pada Mahasiswa PGSD/PGMI. Disertasi. Promotor: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Kopromotor I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Kopromotor II: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum. Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pembelajaran sastra anak dapat berhasil dengan baik apabila didukung oleh pemilihan media yang tepat. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan kondisi media yang digunakan dalam pembelajaran sastra anak pada prodi PGSD/PGMI; (2) mendeskripsikan kebutuhan dosen dan mahasiswa prodi PGSD/PGMI terhadap media interaktif melalui website; (3) mendeskripsikan prosedur pengembangan media interaktif pembelajaran sastra anak melalui website berbasis flipped classroom; dan (4) mendeskripsikan keefektifan media interaktif pembelajaran sastra anak melalui website berbasis flipped classroom

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengembangan Borg and Gall. Tahap pendahuluan menggunakan strategi deskriptif eksploratif, sumber data yang digunakan adalah dosen dan mahasiswa, peristiwa pembelajaran sastra anak, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tahap pengembangan menggunakan strategi deskriptif. Produk divalidasi oleh dua ahli, yaitu ahli teknologi digital dan ahli pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Tahap pengujian menggunakan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Rancangan pengujian menggunakan jenis postest only control group design. Desain tersebut terdapat dua kelompok , yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. 

Hasil dari penelitian, yaitu (1) pembelajaran sastra anak masih berpusat pada dosen, media pembelajaran sastra anak yang digunakan berupa PowerPoint dan Youtube yang belum interaktif dan pengemasan hanya materi saja; (2) kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan adalah media interaktif website berbasis flipped classroom yang menarik dan inovatif yang berisi petunjuk penggunaan, prakata, presensi, materi, kuis, diskusi, penugasan, dafta referensi, dan tentang penulis. Flipped classroom cocok diintegrasikan dengan media website menguntungkan mahasiswa karena memberikan dampak positif dalam sikap keterampilan dan keterlibatan mahasiswa; (3) media interaktif website berbasis flipped classroom yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik oleh para ahli, dosen, dan mahasiswa; (4) uji statistik menunjukkan kemampuan mengapresiasi sastra anak yang diajar dengan media interaktif website lebih baik hasilnya daripada yang diajar dengan media  PowerPoint dan YouTube, dengan nilai significancy pada hasil uji One Way Anova test menunjukan P = 0,000 < 0>flipped classroom lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan media PowerPoint dan YouTube. 

×
Penulis Utama : Heny Kusuma W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T842008007
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Sastra Anak Melalui Website Berbasis Flipped Classroom pada Mahasiswa PGSD/PGMI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Interaktif; Website; Flipped Classroom; Pembelajaran Sastra Anak
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Prof.Dr, Sarwiji Suwandi, M.Pd. dan Dr. Nugraheni Eko Wardani,M.Hum
Penguji : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. dan Dr. Sumarwati M.Pd., Prof. Dr. Andayani, M.Pd., Prof.Dr, Sar
Catatan Umum : tidak ada DOI (1)
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.