Penulis Utama : Muhammad Hilmy Fuadi
NIM / NIP : H0817063
×

Meningkatnya jumlah produsen bibit durian saat ini menimbulkan adanya persaingan pemasaran, hal ini didukung dengan asanya perkembangan teknologi menuju pasar persaingan tak terbatas. Pada musim panen terakhir penjualan bibit durian di kecamatan Kemranjen mengalami penurunan, hal ini diperparah dengan adanya pandemi Covid 19, sehingga dibutuhkan analisis terkait strategi pemasaran bibit durian yang dilakukan oleh kelompok tani Maju Makmur agar dihasilkan strategi yang paling efektif untuk diterapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pemasaran bibit durian kelompok tani Maju Makmur, mengetahui kondisi faktor internal (kekuatan, kelemahan) dan faktor eksternal (peluang, ancaman), merumuskan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi yang sesuai untuk pemasaran bibit durian kelompok tani Maju Makmur. Metode dasar penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analitis dengan metode penentuan lokasi secara purposive. Key informan yang digunakan pada penelitian ini dipilih secara purposive. Metode analisis yang digunakan yaitu (1) Matriks IFE dan EFE (2) Matriks Grand Strategy dan SWOT (3) Matriks QSP.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatan utama pemasaran bibit durian kelompok tani Maju Makmur adalah memberikan pelayanan konsultasi dan penanaman dengan skor 2,065 dan faktor kelemahan utamanya adalah promosi menggunakan media sosial yang masih terbatas dengan skor 0,427. Faktor peluang utama pemasaran bibit durian kelompok tani Maju Makmur adalah tingkat kepercayaan konsumen tinggi dengan skor 0,880 dan faktor ancaman utamanya adalah turunnya produksi buah durian pada musim panen terakhir dengan skor 0,890. Terdapat 4 alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT. Prioritas strategi untuk pemasaran bibit durian kelompok tani Maju Makmur adalah memaksimalkan penggunaan media marketing (Google Business, Website, Youtube, E-Commerce) dan membuat spanduk/banner promosi di beberapa titik dengan nilai STAS 6,159. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan kemampuan penggunaan media marketing, membuat akun media sosial dan memasang spanduk promosi

 

×
Penulis Utama : Muhammad Hilmy Fuadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817063
Tahun : 2021
Judul : Strategi Pemasaran Bibit Durian Kelompok Tani Maju Makmur Kabupaten Banyumas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817063
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si.
2. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.