Penulis Utama : Ibnu Mahareza
NIM / NIP : K1519034
×

Ibnu Mahareza. K1519034. Kajian Pemanfaatan High Volume Fly Ash Sebagai Pengganti Sebagian Semen Pada Bahan Susun Paving Block. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2023.

Penelitian ini membuat paving block yang memanfaatkan fly ash sebagai pengganti sebagian semen dengan komposisi fly ash yang sama atau lebih tinggi dari total kebutuhan semen yang disebut high volume fly ash (HVFA). Menggunakan variasi fly ash sebesar 50%, 55%, dan 60% sebagai pengganti sebagian semen. Perbandingan antara semen dan pasir adalah 1:3, 1:4, 1:5, dan 1:6, sedangkan FAS yang digunakan sebesar 0,35. Pengujian kuat tekan dan daya serap air pada paving block high volume fly ash (HVFA) ketika berumur 28 hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis persentase komposisi fly ash maksimal agar menghasilkan kuat tekan maksimal pada paving block high volume fly ash (HVFA). (2) Menganalisis persentase komposisi fly ash maksimal agar menghasilkan daya serap air minimal pada paving block high volume fly ash (HVFA). (3) Menganalisis persentase komposisi fly ash maksimal agar menghasilkan kuat tekan maksimal dengan daya serap air minimal pada paving block high volume fly ash (HVFA).

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) variabel bebas menggunakan variasi komposisi fly ash sebagai pengganti sebagian semen sebesar 50%, 55%, dan 60%. (2) Variabel terikat menggunakan pengujian kuat tekan dan daya serap air pada paving block high volume fly ash (HVFA). Pengujian kuat tekan dan daya serap air menggunakan acuan SNI 03-0691-1996. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berdimensi 20 x 10 x 6 cm sebanyak 72 sampel.

Hasil penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan high volume fly ash (HVFA) menurunkan kuat tekan paving block. Komposisi fly ash maksimal dengan fly ash 50% sebagai pengganti sebagian semen pada paving block high volume fly ash (HVFA) perbandingan 1:3 menghasilkan kuat tekan maksimal sebesar 12,44 MPa. (2) Pemanfaatan high volume fly ash (HVFA) meningkatkan daya serap air paving block. Komposisi fly ash maksimal dengan fly ash 50% sebagai pengganti sebagian semen pada paving block high volume fly ash (HVFA) perbandingan 1:3 menghasilkan daya serap air minimal 0,74%. (3) Pemanfaatan fly ash sebesar 50%, 55%, dan 60% sebagai pengganti sebagian semen pada paving block high volume fly ash (HVFA) menunjukkan adanya paving block yang memiliki kuat tekan maksimal dengan daya serap air minimal yaitu pada paving block dengan perbandingan 1:3 yang memanfaatkan fly ash sebesar 50% sebagai pengganti sebagian semen.

 

×
Penulis Utama : Ibnu Mahareza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1519034
Tahun : 2023
Judul : KAJIAN PEMANFAATAN HIGH VOLUME FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA BAHAN SUSUN PAVING BLOCK
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : daya serap air, high volume fly ash (HVFA), kuat tekan, paving block.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.