Penulis Utama : Wawan Ernawanto
NIM / NIP : A121808038
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) keberadaan organisasi bola voli di Kabupaten Pacitan, 2) sumber daya manusia olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan, 3) ketersediaan sarana dan prasarana olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan, 4) pendanaan olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan, 5) pembinaan prestasi olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi interpretif dasar. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap responden di Kabupaten Pacitan. Sumber data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi di lapangan dan wawancara kepada pengurus PBVSI yang terdiri dari: wakil ketua harian, sekretaris, bendahara, atlet, pelatih, dan seksi sarana dan prasarana. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keberadaan organisasi olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan sudah ada pengurusnya. Kepengurusan sudah mengimplementasikan tanggung jawab dan memberikan kontribusi untuk mempertahankan eksistensinya dalam pengembangan bibit muda. Administrasi PBVSI Kabupaten Pacitan masih kurang, 2) Ketersediaan sumber daya manusia PBVSI Kabupaten Pacitan yang terdiri dari pengurus, pelatih, dan atlet. Tugas pokok dan fungsi setiap pengurus PBVSI Kabupaten Pacitan belum tersusun. Pelatih tidak mendapatkan gaji bersifat volunteer, serta belum mendapatkan fasilitas lain seperti tunjangan kesehatan. Atlet-atlet PBVSI Kabupaten Pacitan ada yang telah menorehkan prestasi kejuaraan provinsi, belum memiliki fasilitas yang maksimal, 3). Sarana prasarana latihan yang dimiliki PBVSI Kabupten Pacitan berupa GOR Pacitan, 35 bola voli dengan kondisi 8 sudah tidak bagus dan rusak, net, cone, karpet voli, antenna rod, serta kursi panjang. Inventarisasi sarana prasarana belum ada, 4) Pendanaan murni berasal dari dana hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. anggaran untuk pembinaan prestasi bola voli sampai saat ini masih belum terpenuhi, 5) Pembinaan prestasi olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan belum ada program latihan secara tertulis, jadwal latihan belum sesuai dengan yang dijadwalkan, belum adanya pembagian periodesasi dari jangka pendek, menengah, dan panjang.

Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) PBVSI Kabupaten Pacitan sudah terbentuk organisasi dan pengurusnya,masih kurang dalam hal administrasi, 2) Sumber Daya Manusia terdiri dari pengurus, pelatih, dan atlet. Tugas pokok dan fungsi pengurus belum tersusun. Pelatih dan atlet belum mendapatkan fasilitas yang memadai, 3) sarana dan prasarana masih kurang dan dibawah standar, inventarisasi belum tertulis, 4) Pendanaan PBVSI Kabupaten Pacitan masih kurang, sumber dana hanya dari hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, 5) Pembinaan prestasi olahraga bola voli di Kabupaten Pacitan belum ada program latihan.

×
Penulis Utama : Wawan Ernawanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808038
Tahun : 2023
Judul : Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Voli di Kabupaten Pacitan (Studi Interpretif Dasar tentang Organisasi, Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, dan Pendanaan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bola voli, organisasi, sumber daya manusia, sarana prasarana, pendanaan, pembinaan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Slamet Riyadi, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.