Penulis Utama : Istna Listiyani
NIM / NIP : K7117109
×

Tujuan penelitian ini adalah:  (1) menganalisis penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran daring dan (2) menganalisis kendala dalam penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas V, dan Kepala SD Negeri Kranggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan pedoman penyederhanaan RPP dan sesuai kondisi pandemi Covid-19 yaitu identitas, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penutup dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran meliputi proses pembelajaran dan penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi kegiatan apersepsi, penguasaan materi, penerapan strategi pembelajaran, melakukan kegiatan saintifik, melaksanakan penilaian autentik, memanfaatkan sumber dan media, menggunakan bahasa yang lugas dan kegiatan penutup. Pada penggunaan Google Classroom  terdapat fitur yang digunakan dengan melaksanakan aspek penggunaan Google Classroom yaitu memiliki akun, mengelola kelas, mengelola topik, mengunggah materi, mengembangkan soal, dan melakukan penilaian. (2) Kendala yang di temukan dalam penggunaan Google Classroom yaitu kurangnya bimbingan orang tua dalam mengoperasikan Google Classroom pada siswa, koneksi internet yang kurang lancar, kurangnya pendampingan orang tua dalam pembelajaran, terbatasnya kesediaan fasilitas dan kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan pedoman penyederhanaan RPP dan kondisi siswa serta lingkungan. Pelaksanaan pembelajaran terlaksana sesuai aspek pedoman dengan pemanfaatan fitur dan melakukan aspek penggunaan Google Classroom secara optimal serta terdapat kendala yang dominan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain kurangnya pendampingan orang tua dalam pembelajaran dan terbatasnya kesediaan fasilitas.

Kata Kunci: Google Classroom, pembelajaran daring, Covid-19

 

×
Penulis Utama : Istna Listiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117109
Tahun : 2021
Judul : Analisis Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Kelas V di SD Negeri Kranggan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117109
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.