Penulis Utama : Anggarjito Sasikirono
NIM / NIP : M0118008
×

Investasi merupakan penanaman dana atau aset dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa mendatang. pasar modal atau biasa dikenal sebagai saham memiliki keuntungan yang lebih tinggi namun juga diikuti oleh kerugian yang besar. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi pada harga saham. Dalam menentukan keputusan agar nantinya mendapatkan keuntungan yang besar dan mengecilkan nilai resiko kerugian dapat memanfaatkan analsis teknikal. Hasil pada analisis teknikal bergantung pada pola pergerakan harga saham pada masa lalu. metode yang digunakan dalam menganalisis pola data masa lalu adalah metode time series. untuk mengatasi masalah numerik pada time series digunakan logika fuzzy. Dalam memperkuat analisis fuzzy digunakan nilai non-keanggotaan dalam intuitionistic sebagai informasi baru serta Fuzzy function (FF) yang digunakan sebagai alternatif penalaran. Gagabungan dari kedua metode disebut metode Intuitionistic Fuzzy Time Series Function (IFTSF). Tujuan dalam penelitian ini untuk menerapkan metode IFTSF pada data harga saham bank BRI.

Dalam menerapkan metode IFTSF, data saham dibagi menjadi data training dan data testing dengan proporsi 80:20. Penerapan metode IFTSF diawalidengan menentukan parameter dengan nilai c = 3, p = 3, ??cut = 0.1, ?= 0,0085. Selanjutnya data diubah menjadi himpunan fuzzy menggunakan intuitionistic fuzzy c-means clustering (IFCM) yang dikelompokan pada setiap cluster. Hasil dari IFCM didapatkan nilai keanggotan fuzzy dan non-keanggotan fuzzy pada setiap cluster. Himpunan fuzzy yang diperoleh dari metode IFCM kemudian dikoreksi
dengan ? ? cut. Hasil dari koreksi ? ? cut dibentuk menjadi matirks untuk setiap cluster. Selanjutnya matriks yang terbentuk digunakan untuk melakukan uji data menggunakan data training. Pada pengujian data training diperoleh estimasi ?. Estimasi ? yang didapatkan dari data training digunakan untuk peramalan pada data testing, yang kemudian dihitung akurasi metode menggunakan MAPE.

Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data harian saham bank BRI dari tanggal 17 Januari 2020 sampai dengan 7 agustus 2022. Berdasarkan penerapan metode IFTSF dihasilkan nilai yang mendekati pada data saham. Adapun nilai validasinya dengan MAPE yakni 2,6% dengan kriteria kategori akurat.

×
Penulis Utama : Anggarjito Sasikirono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0118008
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Metode Intuitionistic Fuzzy C-Means Clustering dan Fuzzy Time Series Least Square Function pada Data Harga Saham
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2023
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : fuzzy time series (FTS), Intuitionistic fuzzy set, Intuintionistic Fuzzy C-means (IFCM), Fuzzy regression function, intuitionistic fuzzy time series function (IFTSF)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/66751
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Retno Sari S, S.si.,m.kom.
2. Nughthoh Arfawi Kurdhi, M.sc., Ph.d
Penguji : 1. Dr. Putranto Hadi Utomo, S.si., M.si.
2. Bowo Winarno, S.si., M.kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.