Penulis Utama : Faida Inayati
NIM / NIP : K4219026
×

Faida Inayati. ANALISIS MAKNA LAN NILAI PENDHIDHIKAN KARAKTER SAJRONE CRITA WAYANG LAKON Gathotkaca Winisudha DENING KI WARTOYO SARTA GEGAYUTANE MINANGKA BAHAN PIWULANGAN BASA JAWA SMA (TINTINGAN SEMANTIK). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April, 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna leksikal, makna gramatikal, nilai pendhidhikan karakter dan relevansi hasil temuan pada cerita wayang lakon Gathotkaca Winisudha Ki Wartoyo sebagai bahan ajar Bahasa Jawa di SMA.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semantik. Data penelitian ini adalah kutipan dan dialog dari naskah transkrip cerita wayang lakon Gathotkaca Winisudha Ki Wartoyo. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis isi dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi teori, dan triangulasi dhata. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, menulis data dan mengambil kesimpulan.

Berdasarkan uraian hasil penelitian dijelaskan berupa kutipan dialog yang dianlisis kosa katanya dengan semantik berupa makna leksikal dan makna gramatikal. Kosa kata yang dipilih adalah kosa kata yang jarang dikenali sehingga dapat menambahan kosa kata Bahasa Jawa bagi siswa. Crita wayang ini juga memuat pendhidhikan karakter berupa iman dan takwa, jujur, adil dan toleransi, tekun belajar, bekerja dan kratif, cinta tanah air, peduli. Hasil penelitian ini relevan dijadikan sumber belajar karena memenuhi kriteria bahan ajar yakni bahasanya mudah dipahami, ceritanya sesuai dengan kondisi jaman sekarang, sesuai dengan usia siswa dan yang tidak kalah pentingnya mengandung nilai pendidikan. 

×
Penulis Utama : Faida Inayati
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K4219026
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS MAKNA LAN NILAI PENDHIDHIKAN KARAKTER SAJRONE CRITA WAYANG LAKON GATHOTKACA WINISUDHA DENING KI WARTOYO SARTA GEGAYUTANE MINANGKA BAHAN PIWULANGAN BASA JAWA SMA (TINTINGAN SEMANTIK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : makna leksikal, makna gramatikal, pendidikan karakter, crita wayang, bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S.,M.Pd
2. Prima Veronika, S.Pd.,M.Pd
Penguji : 1. -
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.