Penulis Utama : Tasya Angelita
NIM / NIP : B0219062
×

Tasya Angelita. B0219062. 2023. Tata Urut Kata pada Klausa Bahasa Indonesia dalam Kanal Youtube Ria SW: Kajian Tipologi Sintaksis. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini mengkaji mengenai tata urut kata pada klausa bahasa Indonesia dalam tataran tipologi sintaksis. Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah tata urut kata klausa berpola S-P-O sesuai kaidah umum bahasa Indonesia. Namun ternyata tata urut kata klausa dalam bahasa Indonesia memiliki pola yang beragam. Terdapat beberapa tata urut kata yang lengkap, bahkan klausa yang tidak lengkap.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) Pola tata urut kata klausa yang ada dalam Youtube Ria SW, (ii) Satuan yang dilesapkan pada tuturan dalam Youtube Ria SW, dan (iii) Motif-motif tata urut kata klausa yang dapat ditemukan dalam Youtube Ria SW.

Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal, yakni (i) Mendeskripsikan tata urut kata yang ada dalam Youtube Ria SW; (ii) Mendeskripsikan satuan yang dilesapkan dalam Youtube Ria SW; dan (iii) Mendeskripsikan motif-motif tata urut kata yang dapat ditemukan dalam Youtube Ria SW.

Data penelitian berupa klausa dasar berbentuk deklaratif berpola yang lengkap, tidak lengkap, dan berstruktur tidak wajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak, transkripsi, dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Teknik lanjutan yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik permutasi dan teknik perluasan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata urut kata klausa bahasa Indonesia dalam kanal Youtube Ria SW ditemukan klausa lengkap berjenis intransitif berpola S-P dan berpola P-S; dan klausa transitif berpola S-P-O, P-S-O, dan O-S-P, klausa tidak lengkap berpola P, berpola O, dan berpola P-O, dan klausa yang strukturnya tidak wajar. Kemudian, pelesapan pada klausa yang tidak lengkap berupa pelesapan subjek, pelesapan subjek dan objek, serta pelesapan subjek dan predikat. Selanjutnya, terdapat motif-motif tata urut kata pada klausa yang tidak normal berupa unsur baru selalu berada di depan klausa sebagai informasi baru yang penting disampaikan. 

×
Penulis Utama : Tasya Angelita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219062
Tahun : 2023
Judul : TATA URUT KATA PADA KLAUSA BAHASA INDONESIA DALAM KANAL YOUTUBE RIA SW: KAJIAN TIPOLOGI SINTAKSIS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tata urut kata klausa, pelesapan tata urut kata klausa, motif tata urut kata klausa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.