Penulis Utama : Fadila Brillianti
NIM / NIP : V1120062
×

Fadila Brillianti V1120062. 2023. “Peran Script Writer dalam Produksi Iklan Layanan Masyarakat tentang Registrasi PSAT-PDUK Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah”. Tugas Akhir, Program Studi Diploma Tiga Komunikasi Terapan. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tugas Akhir ini memuat penjelasan tentang peran Script Writer dalam produksi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tentang registrasi PSAT-PDUK Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah yang didasarkan pada peningkatan kesadaran konsumen akan keamanan dan kualitas pangan yang mereka konsumsi, terutama di wilayah Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya yang diimplementasikan dalam tiga karya ILM, yaitu audio visual dengan durasi 60 detik, audio dengan durasi 60 detik, dan visual berupa info produk, serta dipublikasikan melalui media massa dan media online seperti media sosial Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo dan media lain yang bekerja sama dengan pihak Dinas Kabupaten Sukoharjo. Pesan yang ingin disampaikan dalam ILM ini adalah untuk memberikan informasi tentang adanya pelabelan dan pentingnya registrasi PSAT-PDUK. Selain itu, iklan layanan masyarakat ini juga memberikan informasi tentang cara mengidentifikasi produk PSAT yang telah memiliki label dan teregistrasi PSAT-PDUK. Dalam pembuatan karya ILM ini membutuhkan berbagai pihak seperti seorang Director, Script Writer, Camera Person, Art Director, Editor. Penulis sebagai script writer memiliki peran yang sangat penting karena skenario atau naskah merupakan intisari untuk terbentuknya cerita dalam sebuah tayangan iklan. Sebagai script writer dalam menulis naskah mempunyai tugas penting yang harus dikerjakan, yaitu membangun cerita, mengembangkan ide melalui alur (jalan cerita), membangun emosi dan kesan kepada audiens, serta mampu menyampaikan pesan dalam tayangan iklan. Setelah melaksanakan pembuatan karya Tugas Akhir dalam bentuk ILM, penulis dapat menarik kesimpulan berupa ilmu yang didapatkan mengenai “Peran Script Writer dalam Produksi Iklan Layanan Masyarakat tentang Registrasi PSAT-PDUK Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah” yaitu seorang script writer harus dapat merumuskan ide dan konsep cerita, menyusun sinopsis, menyusun shooting script, dan melakukan penyusunan naskah secara lengkap.

×
Penulis Utama : Fadila Brillianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1120062
Tahun : 2023
Judul : Peran Script Writer dalam Produksi Iklan Layanan Masyarakat tentang Registrasi PSAT-PDUK Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Komunikasi Terapan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : PSAT-PDUK, Script Writer, Iklan Layanan Masyarakat (ILM)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Joko Suranto, S.Sn., M.Hum.
2. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos., M.I.Kom.
3. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.