Penulis Utama : Adiyani Risqi Setiarini
NIM / NIP : R0219001
×

Adiyani Risqi Setiarini, R0219001, 2023. Hubungan Postur Kerja Duduk dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Kerja pada Operator Crane di PT Pelindo Terminal Petikemas Semarang, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Kelelahan kerja merupakan suatu kondisi yang dapat menurunkan kapasitas, efisiensi kerja, dan ketahanan tubuh pekerja. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh faktor postur kerja dan beban kerja fisik. Hasil survei awal menunjukkan 20% pekerja mengalami kelelahan berat, 50% pekerja mengalami kelelahan sedang, dan 30% pekerja mengalami kelelahan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan postur kerja duduk dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja operator crane PT Pelindo Terminal Petikemas Semarang.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah operator Container Crane dan Rubber Tyred Gantry Crane PT Pelindo Terminal Petikemas Semarang yang berjumlah 114 orang dengan sampel penelitian sebanyak 98 orang yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kerja Rapid Upper Limb Assessment (RULA) untuk mengukur postur kerja duduk, finger pulse oximeter untuk mengukur beban kerja fisik, dan reaction timer untuk mengukur kelelahan kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi pearson dan uji regresi linier berganda.

Hasil : Hasil uji korelasi pearson antara postur kerja duduk dengan kelelahan kerja menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan p value = 0,000 (p < 0 xss=removed>pearson antara beban kerja fisik dengan kelelahan kerja menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan p value = 0,000 (p < 0 xss=removed>value = 0,000 (p < 0>

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara postur kerja duduk dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja pada operator crane PT Pelindo Terminal Petikemas Semarang dengan variabel yang paling berpengaruh adalah beban kerja fisik.

×
Penulis Utama : Adiyani Risqi Setiarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219001
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Postur Kerja Duduk dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Kerja pada Operator Crane di PT Pelindo Terminal Petikemas Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Postur Kerja Duduk, Beban Kerja Fisik, Kelelahan Kerja
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes.
2. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.
Penguji : 1. Hengky Ditya Eko Nugroho, S.ST., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.