Penulis Utama : Muhammad Sabiq Ridlo
NIM / NIP : R0219061
×

Muhammad Sabiq Ridlo, R0219061, 2023. Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Safety Riding Pada Pengemudi Ojek Online di PT.X Wilayah Surakarta. Program Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Latar Belakang : Pengemudi ojek online pada PT.X Wilayah Surakarta terdapat 7 dari 10 pengemudi yang memiliki pengetahuan mengenai safety riding yang kurang. hal tersebut dilihat dari pengemudi ojek online yang belum mematuhi peraturan UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Pengemudi ojek online pada PT X Surakarta belum pernah mendapatkan edukasi mengenai safety riding. Oleh karena itu, pengemudi ojek online mengalami kecelakaan lalu lintas saat bekerja. Pengetahuan dapat ditingkatkan menggunakan video edukasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan safety riding pada pengemudi ojek online di PT. X Wilayah Surakarta. 

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode eksperimental kuasi dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian adalah 172 pengemudi ojek online. Kemudian menggunakan digunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 120 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan safety riding pada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test jika data tidak terdistribusi normal maka analisis menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney. 

Hasil : Hasil uji wilcoxon pada kelompok intervensi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara video edukasi dengan pengetahuan safety riding (p=0,001), sedangkan uji wilcoxon pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara video edukasi terhadap pengetahuan safety riding (p=0,253). hasil uji mann-whitney pada hasil post-test kedua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. (p=0,001). 

Simpulan : Video edukasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan safety riding pada pengemudi ojek online di PT. X Wilayah Surakarta.

×
Penulis Utama : Muhammad Sabiq Ridlo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219061
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Safety Riding Pada Pengemudi Ojek Online di PT X Wilayah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Video Edukasi; Pengetahuan; Safety Riding; Ojek Online
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lusi Ismayenti, S.T., M.Kes
2. Hengky Ditya Eko Nugroho, S.ST., M.Si
Penguji : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.