Penulis Utama : Imam Muhsin Kamil
NIM / NIP : R0219042
×

Imam Muhsin Kamil, R0219042, 2023. Pengaruh Pemberian Video Edukasi P3K terhadap Tingkat Pengetahuan P3K pada Pekerja PT X Proyek Konstruksi di Surakarta. Program Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang: Berdasarkan data observasi dan wawancara, kasus kecelakaan kerja sering terjadi di lokasi proyek yang dikerjakan oleh PT X. Dalam rentang waktu hanya satu bulan, sedikitnya terdapat 3 kasus kecelakaan kerja ringan. Oleh karena itu perlu adanya sarana prasarana dan pengetahuan P3K yang baik untuk mengurangi dampak buruk dari risiko bahaya yang mungkin terjadi. Berdasarkan hasil survei awal yang dilakukan kepada 10 responden, sebanyak 70% responden memiliki tingkat pengetahuan P3K kurang dan 30% responden memiliki tingkat pengetahuan P3K cukup, hal tersebut mungkin terjadi karena belum terdapat pendidikan atau pelatihan P3K yang diberikan. Video edukasi dapat menjadi sarana media dalam upaya menambah pengetahuan P3K. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian video edukasi P3K terhadap tingkat pengetahuan P3K pada pekerja PT X proyek konstruksi di Surakarta.     

Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test dengan control group. Responden penelitian ini yaitu seluruh pekerja konstruksi PT X sebanyak 60 responden dengan sampel masing-masing 30 orang pada kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan simple random sampling. Pengukuran tingkat pengetahuan P3K menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.

Hasil: Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (p < 0> 0,05) maka tidak ada pengaruh pada tingkat pengetahuan P3K pada kelompok kontrol. 

Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian video edukasi P3K terhadap tingkat pengetahuan P3K pekerja PT X proyek konstruksi di Surakarta.

×
Penulis Utama : Imam Muhsin Kamil
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219042
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Pemberian Video Edukasi P3K terhadap Tingkat Pengetahuan P3K pada Pekerja PT X Proyek Konstruksi di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Video Edukasi P3K, Pengetahuan P3K, Pekerja Konstruksi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lusi Ismayenti, S.T.,M.Kes.
2. Bachtiar Chahyadi, S.ST., M.KKK
Penguji : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.