Penulis Utama : Ficky Febrian Nur Rohim
NIM / NIP : K2519033
×

Ficky Febrian Nur Rohim. K2519033, Pembimbing I: Dr. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng., Pembimbing II: Taufik Wisnu Saputra, S.Pd., M.Pd., PENGEMBANGAN E-MODUL PANEL SURYA DENGAN SOLAR TRACKER SINGLE AXIS PADA MATA KULIAH ENERGI BARU DAN TERBARUKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul dan mengetahui kelayakan modul elektronik panel surya solar tracker single axis pada mata kuliah Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan model 4-D (Four-D Model) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan yang terdiri 4 langkah pengembangan yakni Define, Design, Development, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Uji Validasi yang digunakan adalah uji ahli materi dan media (expert judgement) dan melakukan uji coba respons pengguna pada kelas kecil. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yakni dengan menggunakan hasil persentase uji ahli materi dan media serta respons pengguna. Prosedur penelitian pada tahap Define menghasilkan bahwa mata kuliah EBT membutuhkan perangkat pembelajaran yang menunjang, berupa e-modul, pengguna e-modul adalah mahasiswa Prodi PTM FKIP UNS angkatan tahun 2021, dengan konsep pembelajaran teori dan praktik. Tahap Design melakukan penentuan format, perancangan draft, hingga pada membuat rancangan awal. Tahap Development mengujikan hasil rancangan ke dua dosen ahli materi, dan uji validasi dua dosen ahli media, kemudian menguji coba ke 11 mahasiswa. Tahap Disseminate, e-modul diserahkan ke Prodi PTM FKIP UNS. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa pengembangan e-modul sangat layak digunakan pada mata kuliah EBT. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan skor 90,52% dengan kategori sangat layak dan hasil uji validasi ahli media menunjukkan hasil 88,88% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba respons pengguna 11 mahasiswa menunjukkan hasil 84% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji ahli materi, ahli media, dan uji coba respons pengguna, maka disimpulkan bahwa e-modul panel surya dengan solar tracker single axis sangat layak digunakan.

×
Penulis Utama : Ficky Febrian Nur Rohim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519033
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan E-Modul Panel Surya dengan Solar Tracker Single Axis pada Mata Kuliah Energi Baru dan Terbarukan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : E-modul, Energi Baru dan Terbarukan, panel surya, solar tracker single axis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Danar Susilo Wijayanto, S.T, M.Eng
2. Taufik Wisnu Saputra S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.