Penulis Utama : Janeayun Irgarenata
NIM / NIP : B0119032
×

Janeayun Irgarenata. B0119032. Konflik Batin Tiga Tokoh Sentral Dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian yaitu : (1) analisis unsur-unsur drama dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo dengan teori struktural RMA Harymawan; (2) Konflik Batin Tiga Tokoh Sentral dalam Nakah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo berdasarkan Teori Sigmund Freud; (3) Faktor Penyebab Konflik Batin yang dialami Tiga Tokoh Sentral dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang.

Tujuan Penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan analisis unsur-unsur drama dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo dengan teori strukturak RMA Harymawan; (2) mendeskripsikan Konflik Batin Tiga Tokoh Sentral dalam Nakah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo berdasarkan Teori Sigmund Freud; (3) mendeskripsikan Faktor Penyebab Konflik Batin yang dialami Tiga Tokoh Sentral dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang.

Landasan Teori dari penelitian ini adalah pengertian Drama dan Ketoprak, Teori Struktural RMA Harymawan yang terdiri dari (1) Tema (2) Penokohan (3) Alur, Teori Psikologi Sastra Sigmund Freud yang terdiri dari Id, Ego, Superego, utamanya tentang Konflik Batin. Faktor-faktor penyebab terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah struktur drama Naskah Ketorak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo, konflik batin tiga tokoh sental dan faktor penyebab konflik batin. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah ketoprak Pajang Ginonjang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan dua komponen pokok yaitu analisis struktural dan analisis Psikologi Sastra.

Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu : (1) analisis unsur-unsur drama dalam Naskah Ketoprak Pajang Ginonjang Karya Ki Suwondo dengan teori strukturak RMA Harymawan; (2) Konflik Batin Tiga Tokoh Sentral yang meliputi id, ego, superego berdasarkan Teori Sigmund Freud; (3) Faktor Penyebab Konflik Batin yang dialami Tiga Tokoh Sentral yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

×
Penulis Utama : Janeayun Irgarenata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119032
Tahun : 2023
Judul : KONFLIK BATIN TIGA TOKOH SENTRAL DALAM NASKAH KETOPRAK PAJANG GINONJANG KARYA KI SUWONDO (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : konflik batin, tiga tokoh sentral, naskah ketoprak Pajang Ginonjang, Psikologi Sastra.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum
Penguji : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.