Penulis Utama : Novita Ardhy Putri
NIM / NIP : K5416048
×

Novita Ardhy Putri (K5416048). Tingkat Kesesuaian Penggunaan Fungsi Kawasan dan Dampaknya Terhadap Besar Erosi di DAS Naruan Kabupaten Wonogiri Tahun 2021. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2023.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kesesuaian penggunaan fungsi kawasan di DAS Naruan tahun 2021. (2) Mengetahui besar erosi di DAS Naruan tahun 2021. (3) Mengetahui dampak tingkat kesesuaian penggunaan fungsi kawasan terhadap besar erosi di DAS Naruan Tahun 2021.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian berupa survei atau observasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh unit/satuan lahan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dan teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel sesuai dengan satuan lahan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi/identifikasi, uji laboratorium, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah: (1) Kesesuaian penggunaan fungsi kawasan membandingkan dua kondisi yaitu penggunaan lahan dengan kriteria fungsi kawasan berdasarkan kunci interpretasi citra primer (rona/warna, ukuran, bentuk, tekstur, dan pola), (2) besar erosi dikaji menggunakan pedoman dari Lampiran Peraturan Menteri Kehutanan RI Nomor: P32/Menhut-II/2009 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Teknik Rehabilitasi Hutan dan Lahan Daerah Aliran Sungai (RTkRHL- DAS), dan (3) dampak tingkat kesesuaian penggunaan fungsi kawasan terhadap besar erosi menggunakan 2 data yang dibandingkan, yaitu data kesesuaian penggunaan fungsi kawasan dengan data besar erosi.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Kesesuaian penggunaan fungsi kawasan di DAS Naruan Tahun 2021 dikelompokkan menjadi dua, yaitu penggunaan fungsi kawasan yang sesuai seluas 28,1% dan penggunaan fungsi kawasan yang tidak sesuai seluas 71,9%. (2) Besar erosi di DAS Naruan Tahun 2021 dikelompokkan menjadi lima tingkat yaitu kelas I (sangat ringan) sebesar 49%, kelas II (ringan) sebesar 9%, kelas III (sedang) sebesar 6%, kelas IV (berat) sebesar 21%, dan kelas V (sangat berat) sebesar 23%. (3) Dampak tingkat kesesuaian penggunaan fungsi kawasan terhadap besar erosi di DAS Naruan tahun 2021 dikelompokkan menjadi sembilan yaitu kelas sesuai: kelas S-I seluas 20,6%, kelas S-II seluas 4,6%, kelas S-III seluas 1,7%, kelas S-IV seluas 1%, dan kelas V seluas 0,2% serta (2) kelas tidak sesuai: kelas TS-I seluas 25,2%, kelas TS-II seluas 3,4%, kelas TS-III seluas 3,9%, kelas TS-IV seluas 18,6%, dan kelas TS-V seluas 20,8%.

×
Penulis Utama : Novita Ardhy Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416048
Tahun : 2023
Judul : Tingkat Kesesuaian Penggunaan Fungsi Kawasan dan Dampaknya Terhadap Besar Erosi di DAS Naruan Kabupaten Wonogiri Tahun 2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Fungsi Kawasan, Kesesuaian, Penggunaan Lahan, USLE, Besar Erosi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si.
2. Setya Nugraha, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc.
2. Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.