Penulis Utama : An Nisa' Nur Azizah
NIM / NIP : K1319005
×

An Nisa’ Nur Azizah. K1319005. Pembimbing I : Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Ario Wiraya, S.Si., M.Sc. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Software Lectora Inspire yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPA dan XI IPS-1 SMA Islam 1 Surakarta yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi angket kevalidan, angket kepraktisan, dan lembar soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara (guru Matematika Wajib SMA Islam 1 Surakarta), tes (pretest dan posttest siswa kelas XI IPA dan XI IPS-1), dokumentasi (nilai Penilaian Tengah Semester 2022/2023), dan angket (angket kevalidan ahli dan angket kepraktisan guru dan siswa). Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan skala Likert yang dikonversi ke skala Lima. Teknik analisis data keefektifan menggunakan uji hipotesis t. Dari hasil penelitian diperoleh  bahwa proses pengembangan media terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan terhadap perlunya pengembangan media, pada tahap design dilakukan perancangan media, pada tahap develop dilakukan penilaian oleh ahli dan uji pengembangan, dan pada tahap disseminate dilakukan penyebarluasan media. Hasil analisis kevalidan oleh ahli materi dan ahli media menyatakan media telah memenuhi kategori valid. Hasil pengisian angket kepraktisan oleh guru dan siswa menyatakan media telah memenuhi kategori praktis. Hasil analisis keefektifan nilai pretest dan posttest tes kemampuan pemecahan masalah matematis menyatakan media telah memenuhi kategori efektif.

×
Penulis Utama : An Nisa' Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319005
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE LECTORA INSPIRE PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, media pembelajaran, software lectora inspire, model pengembangan 4D
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
2. Ario Wiraya, S.Si., M.Sc
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Rubono Setiawan, S.Si., M.Sc
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.