Penulis Utama : Miftakhul Rohmah
NIM / NIP : S852002014
×

Kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk membayangkan, membandingkan, menduga, menentukan, mengkontstruk, dan menemukan informasi dari stimulus visual dalam konstruk ruangan.. Hasil dari penelitian pendahuluan menunjukan bahwa kemampuan spasial matematis peserta didik tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik yang valid, praktis dan efektif. 2) mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis peserta didik valid, praktis, dan efektif.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA N 5 Tebo, dengan kelas XII IPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Validasi dilakukan oleh validator ahli materi dan media. Kepraktisan dinilai oleh berdasarkan angket respon dari pendidik dan peserta didik. Uji keefektifan dilihat melalui hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t pada uji hipotesis.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan modul berbantuan Augmented Realiy untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis peserta didik materi dimensi tiga kelas XII SMA memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Validasi ahli materi diperoleh skor 3,60 dan validasi ahli media diperoleh skor 3,34 maka aspek kevalidan memenuhi kategori ‘sangat valid’. Respon pendidik dan peserta didik menyatakan sangat praktis diliat dari rerata yang dieproleh adalah 3,55. Uji hipotesis menyimpulkan modul berbantuan Augmented Realiy untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis peserta didik pada materi dimensi tiga kelas XII SMA memenuhi aspek valid, praktis dan efektif.

 

×
Penulis Utama : Miftakhul Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002014
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Modul Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Peserta Didik Materi Dimensi Tiga Kelas XII SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : modul pembelajaran, kemampuan spasial matematis, dimensi tiga
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.atlantis-press.com/proceedings/icmme-21/125964021
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.,
2. Dr. Dra. Diari Indriati, M.Si.,
Penguji : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Pd.,
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.