Penulis Utama : Friesca Ari Patria
NIM / NIP : V0720040
×

Friesca Ari Patria, V0720040, Sistem Pelayanan Pengaduan Melalui Sistem Pelayanan Izin Online (SPION) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukoharjo. Laporan Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, Program Diploma III, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret.

 

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukoharjo merupakan instansi pemerintah yang memiliki kewenangan dibidang penanaman modal dan pelayanan perizinan (Berusaha dan Nonberusaha). Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukoharjo mempunyai aplikasi berbasis website yang bernama Sistem Pelayanan Izin Online (SPION). SPION digunakan untuk melayani izin nonberusaha secara online di Kabupaten Sukoharjo. Selain digunakan untuk melayani perizinan berusaha, SPION juga bisa digunakan untuk melayani pengaduan di Kabupaten Sukoharjo.

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui sistem pelayanan pengaduan melalui SPION di DPMPTSP Kabupaten Sukoharjo. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis melakukan kegiatan magang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukoharjo sehingga penulis dapat melakukan pengamatan secara langsung. Jenis pengamatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen, arsip serta perekaman.

Berdasarkan hasil pengamatan penulis di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukoharjo, aplikasi SPION dibuat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo yang akan mengurus perizinan dan menyampaikan aduannya. Pelayanan pengaduan yang diterapkan di DPMPTSP Kabupaten Sukoharjo sudah baik karena sudah sesuai dengan SOP yang berpedoman pada Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Sukoharjo.

×
Penulis Utama : Friesca Ari Patria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720040
Tahun : 2023
Judul : Sistem Pelayanan Pengaduan melalui Aplikasi Sistem Pelayanan Izin Online (SPION) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pelayanan, Pengaduan, SPION
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M.Si.
Penguji : 1. Mutiara Auliya Khadija, S.Kom, M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.