Penulis Utama : Ali Fachrudin
NIM / NIP : K2319008
×

Ali Fachrudin. K2319008. Pembimbing I: Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si. Pembimbing II: Fairusy Fitria Haryani, S.Pd., M.Si. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE KELAS XI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2024. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan spesifikasi akhir modul elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan menggunakan Adobe Animate CC pada materi elastisitas dan Hukum Hooke; (2) menjelaskan hasil penilaian modul elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan menggunakan Adobe Animate CC pada materi elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall yang dilaksanakan hingga tahap tujuh meliputi Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing dan Operational Product Revision. Penilaian modul elektronik melibatkan dua dosen ahli dan tiga guru fisika sementara ujicoba pengembangan dilakukan kepada peserta didik kelas XII MIPA di SMAN Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil pengembangan berupa modul elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan menggunakan Adobe Animate CC pada materi elastisitas dan Hukum Hooke melalui model pengembangan Borg & Gall, dimana modul elektronik tersebut dalam bentuk aplikasi android dengan format .apk yang berukuran kurang lebih empat belas MB sehingga dapat dijalankan dengan lancar di smartphone android dengan minimal Operating System (OS) Android 5.0 Lollipop; (2) Hasil penilaian modul elektronik berbasis android pada penelitian ini secara keseluruhan memperoleh penilaian dengan kriteria sangat baik meliputi penilaian dua dosen ahli dan tiga praktisi pendidikan pada validasi penilaian dengan rata-rata skor 93,4 dari total skor 104, tiga siswa pada uji coba satu-satu dengan rata-rata skor 18,7 dari total skor 19, sembilan siswa pada uji coba kelompok kecil dengan rata-rata skor 18,1 dari total skor 19 dan Sembilan puluh siswa pada uji coba lapangan dengan rata-rata skor 17,9 dari total skor 19. Dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis android yang telah dikembangkan dapat dikategorikan dengan kriteria penilaian sangat baik. Dengan demikian, modul elektronik tersebut diimplikasikan dalam kegiatan pembelajaran fisika yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa atau sebagai alat alternatif bagi guru ketika pembelajaran didalam kelas. 

 

Kata Kunci: modul elektronik, smartphone android, pendekatan saintifik, Adobe Animate CC, elastisitas dan Hukum Hooke

×
Penulis Utama : Ali Fachrudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2319008
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : modul elektronik, smartphone android, pendekatan saintifik, Adobe Animate CC, elastisitas dan Hukum Hooke
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
2. Fairusy Fitria Haryani, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.
2. Shofi Hikmatuz Zahroh, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.