Penulis Utama : Mochammad Irsyadul H
NIM / NIP : K2316031
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan spesifikasi produk media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6 dengan pendekatan saintifik pada materi Hukum Newton yang berkriteria baik, dan  (2) Menjelaskan penilaian pengguna terhadap media pembelajaran fisika berbasis aplikasi android menggunakan Adobe Flash Professional CS6 dengan pendekatan saintifik pada materi Hukum Newton sebagai media pembelajaran di kelas.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Branch (2009). Sumber data penelitian ini meliputi ahli, guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang didukung dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber data. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh Azwar (2007). Prosedur pembuatan media pembelajaran ini dimulai dengan Analize (analisis kebutuhan melalui studi kepustakaan dan survai lapangan), Design (persiapan, pembuatan, dan validasi media pembelajaran) dan Develop (pengecekan, pengujian dan penilaian media pembelajaran kepada guru dan peserta didik).

Hasil penelitian ini berupa sebuah media pembelajaran dengan penjelasan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran fisika yang dibuat merupakan media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan ekstensi Application PacKage (.apk) dengan spesifikasi minimum OS (Operating System) android v 7.0 Nougat, chipset Snapdragon 435 dan CPU Octa-core Max 1.40GHz, dengan minimum memiliki RAM 2 GB, ROM 2 GB, dan resolusi 480 x 800. Media pembelajaran fisika yang dibuat didasarkan pada materi dan rencana pelaksanaan pembelajaran materi Hukum Newton dengan pendekatan saintifik. Media pembelajaran fisika berisikan halaman Belajar untuk melakukan kegiatan pembelajaran, halaman Materi untuk meningkatkan pemahaman, halaman Latihan untuk meningkatkan pemahaman, halaman Evaluasi untuk menguji pemahaman dan halaman Pengaturan untuk menyetel atau mengatur keadaan dan penjelasan tentang pengoprasian media pembelajaran dengan beberapa fitur seperti simulasi, movie clip, video, UI, scrolling text, swipe galery, drag and drop, suara dan dapat digunakan tanpa internet (offline). (2) Media pembelajaran fisika yang dibuat memiliki nilai validasi pada aspek basaha sebesar 43, aspek materi sebesar 71, dan aspek media 71 sehingga nilai validasi media pembelajaran sebesar 185 dengan  kategori sangat baik. Media pembelajaran fisika yang dibuat memiliki nilai respon penilaian dari 3 guru yakni 100% guru menyatakan sangat baik dan nilai respon penilaian dari 30 peserta didik yakni, 23% peserta didik menyatakan dengan kategori baik dan 77% peserta didik menyatakan dengan kategori sangat baik.

×
Penulis Utama : Mochammad Irsyadul H
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316031
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Hukum Newton
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Fisika - K2316031 - 2023
Kata Kunci : Media Pembelajaran; Adobe Flash Professional CS6; Pendekatan Saintifik; Hukum Newton
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Sri Budiawanti, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
2. Dr. Yulianto Agung Rezeki, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.