Penulis Utama : Rizka Meisyifa
NIM / NIP : K2315055
×

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan komik digital berbasis PDF (Portable Document Format) sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas X pada materi Hukum Newton; (2) Menguji kelayakan komik digital berbasis PDF (Portable Document Format) sebagai media pembelajaran fisika SMA Kelas X pada materi hukum Newton.
Subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA I, X MIPA 2, dan X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengumpulkan penilaian para ahli, praktisi pendidikan dan siswa mengenai kelayakan dariproduk yang dikembangkan dan teknik wawancara untuk kritik dan saran yang dibutuhkan pada pengembangan produk.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembuatan media pembelajaran komik digital fisika ini dimulai dengan mengamati potensi dan masalah dalam pembelajaran fisika untuk mengetahui hal-hal yang dibutuhkan pada pembuatan media pembelajaran komik digital fisika. Kemudian pembuatan komik dimulai dengan membuat alur cerita yang disisipkan aplikasi Hukum Newton yang terjadi pada kehidupan sehari-hari dan storyboard komik digital. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan komik digital fisika secara manual pada buku gambar berukuran A4. Kemudian melakukan scan ilustrasi komik dan menyimpan hasil scan menggunakan PDF (Portable Document Format). Selanjutnya, setelah komik telah berbentuk komik digital berbasis PDF (Portable Document Format), komik digital fisika harus melewati tahap validasi oleh ahli dan praktisi pada bidangnya, yaitu ahli Materi, ahli Bahasa, ahli Media dan Praktisi Pendidikan kemudian setelah mendapatkan kritik dan saran, pengembangan media pembelajaran komik digital fisika memasuki tahap revisi desain yang bertujuan menghasilkan Produk II  dengan revisi berdasarkan kritik dan saran validator ahli dan praktisi pendidikan; (2) Penelitian yang dilakukan pada 45 siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta menilai aspek Materi yang memiliki sub-Aspek Penyajian dan Bahasa telah berkriteria baik, serta Aspek Media yang memiliki sub-Aspek Tampilan dan Konten serta Karakteristik telah berkriteria baik sehingga media pembelajaran komik digital fisika layak untuk digunakan atau dikembangkan lebih lanjut.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Komik Digital Fisika, Materi Hukum Newton

×
Penulis Utama : Rizka Meisyifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315055
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Fisika pada Materi Hukum Newton Tingkat Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2315055-2020
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Komik Digital Fisika, Materi Hukum Newton
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.