Penulis Utama : Azzahro Hanif Muaddibah
NIM / NIP : M0419013
× <p>Pembungaan vanili di Indonesia masih tergolong sulit. Stressing merupakan salah satu metode untuk merangsang pembungaan vanili (Vanilla planifolia Andrews) melalui pemangkasan pucuk dan penghambatan pangkal sulur vanili, sehingga meningkatkan peluang tumbuh tunas lateral. Pertumbuhan tunas lateral memiliki dua arah, yaitu tumbuh sebagai tandan bunga atau sulur baru. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan produksi vanili melalui rangsangan pembungaan. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) yang sering digunakan petani dalam merangsang pertumbuhan tunas lateral ke arah generatif adalah asam giberelat (GA3) dan paclobutrazol (PBZ). Penelitian ini menggunakan variasi konsentrasi asam giberelat (GA3) dan paclobutrazol (PBZ), yaitu 50 ppm; 75 ppm; dan 100 ppm serta sebagai kontrol digunakan tanaman vanili yang diberi perlakuan aquades dengan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan paclobutrazol 100 ppm berpengaruh terhadap jumlah tunas lateral, panjang tunas lateral, dan jumlah daun tunas lateral yang tumbuh; sedangkan asam giberelat 100 ppm berpengaruh merangsang fase generatif dalam jangka waktu yang lebih panjang dengan menghasilkan 2 tandan bunga lebih awal dibandingkan paclobutrazol. Mekanisme kerja paclobutrazol yaitu dengan mengahmbat biosintesis asam giberelat endogen, sehingga menghambat pertumbuhan vegetatif dan merangsang perkembangan generatif. Penghambatan biosintesis asam giberelat meningkatkan produksi asam absisat yang berperan dalam memecah dormansi tuna yang diharapkan mempercepat pemecahan tuna bunga. Asam giberelat merangsang pembentukan bunga melalui peningkatan suhu sel, sehingga pembungaan lebih awal dari musimnya. Perlakuan kedua dibantu dengan proses stressing yang menunjang kebutuhan vanili untuk berbunga, yaitu penghambatan apikal dan memberi cek keadaan aman.</p>
×
Penulis Utama : Azzahro Hanif Muaddibah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0419013
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Asam Giberelat dan Paclobutrazol terhadap Pertumbuhan Tunas Lateral pada Fase Generatif Vanili (Vanilla planifolia Andrews)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2024
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Vanili (Vanilla planifolia Andrews), Asam giberelat (GA3), Paclobutrazol (PBZ), Dominasi Apikal, Stressing.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widya Mudyantini, S.Si., M.Si.
2. Ari Pitoyo, S.Si., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Solichatun, S.Si., M.Si.
2. Dr. Siti Lusi Arum Sari, S.Si., M. Biotech
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.