Penulis Utama : Andi Saparudin
NIM / NIP : O0120021
×

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah  otot tungkai dan otot punggung berpengaruh pada keberhasilan kekuatan bantingan pinggang pada atlet gulat Belitong Wrestling Club Tahun 2023 dan manakah hubungan yang lebih besar antara kekuatan tungkai dan otot punggung pada atlet gulat Belitong Wrestling Club Tahun 2023 serta untuk mengetahui tumpuan kaki yang kuat dapat memaksimalkan bantingan pada atlet gulat Belitong Wrestling Club Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Korelasional. Penelitian ini dilaksanakan selama dua hari yang mencakup pengamatan dan tes pengukuran yang dilakukan oleh peneliti terhadap sampel penelitian yang terdiri dari 18 atlet gulat Belitong Wrestling Club. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengukuran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan Uji pra syarat penelitian dilakukan dengan uji normalitas, linearitas. Uji hipotesis dilakukan dengan analisa korelasi pearson product moment dan analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis dapat disampaikan sebagi berikut : Otot tungkai dan punggung berpengaruh pada keberhasilan kekuatan bantingan pinggang pada atlet gulat Belitong Wrestling Club Tahun 2023. Pada variable kekuatan otot tungkai dan variable kemampuan bantingan berkorelasi dengan tingkat hubungan kuat (r hitung = 0,611) dan variable kekuatan otot punggung dan variable kemampuan bantingan berkorelasi dengan tingkat hubungan sedang (r hitung = 0,577). Serta hubungan yang lebih besar adalah kekuatan otot tungkai yang berkorelasi dengan tingkat hubungan kuat (r hitung = 0,611), sedangkan kekuatan otot punggung berkorelasi dengan tingkat hubungan sedang (r hitung = 0,577). Hasil analisis dapat disimpulkan sebagi berikut : variable kekuatan otot tungkai dan variable kekuatan otot punggung secara simultan berpengaruh terhadap variable kemampuan bantingan sebesar 42,4%, sedangkan sisanya (100% - 42,4% = 57,6%) dipengaruhi oleh variable lain di luar persamaan regresi ini.

Berdasarkan hasil tersebut simpulan yang tepat bahwa kekuatan otot tungkai dan otot punggung mempunyai pengaruh positif terhadap kekuatan bantingan pinggang pada atlet. Semakin besar kekuatan otot tungkai dan otot punggung, maka semakin baik kekuatan bantingan pinggang seorang atlet. 

×
Penulis Utama : Andi Saparudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120021
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Otot Punggung Dengan Kekuatan Bantingan Pinggang Pada Atlet Gulat di Belitong Wrestling Club Kabupaten Belitung Tahun 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Gulat, Kekuatan Otot Tungkai, Kekuatan Otot Punggung, Bantingan Pinggang.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Singgih Hendarto, S.Pd., M.Or.
2. Baskoro Nugroho Putro, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Ismaryati, M.Kes.
2. Ahmad Septiandika Adirahma, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.