Penulis Utama : Ari Hesti Qomah
NIM / NIP : O0120027
×

ABSTRAK

 

Ari Hesti Qomah. O0120027. HUBUNGAN POLA MAKAN, INDEKS MASSA TUBUH DAN FREKUENSI OLAHRAGA PER MINGGU TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA SEKOLAH DASAR DI WONOGIRI. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.


Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui hubungan pola makan dan kebugaran jasmani, kedua untuk mengetahui hubungan Indeks massa tubuh dan kebugaran jasmani, ketiga bertujuan untuk mengetahui hubungan Frekuensi olahraga per minggu dan kebugaran jasamani, serta yang terakhir untuk megetahui adanya hubungan pola makan, indeks massa tubuh dan frekuensi olahraga per minggu terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa putra sekolah dasar di Wonogiri.

Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random sampling, yang berarti pengambilan sampel dengan populasi dibagi menjadi beberapa subkelas. Sampel dipilih siswa putra dari 6 Sekolah Dasar dengan 2 sekolah setiap clusternya yang terdiri dari 54 siswa. Dalam penelitian ini, alat Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) digunakan untuk mengumpulkan data tingkat kebugaran jasmani dan pola makan serta frekuensi olahraga per minggu meggunakan angket penelitian.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut, hasil pertama terdapat hubungan antara pola makan dengan kebugaran jasmani siswa putra sekolah dasar di Wonogiri setelah diketahui meggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikan 0,000 yang menunjukkan pengaruh sebesar 19,9%. Kedua, terdapat hubungan antara Indeks massa tubuh dan kebugaran jasmani pada siswa putra sekolah dasar di Wonogiri setelah diketahui menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan pengaruh 5,5%. Ketiga, terdapat hubungan antara Frekensi olahraga per minggu dan kebugaran jasmani siswa putra sekolah dasar di Wonogiri setelah diketahui menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,004 yang menunjukkan pengaruh sebesar 9,8 %.

Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif yang artinya terdapat pengaruh antara pola makan, indeks massa tubuh dan frekuensi olahraga per minggu terhadap kebugaran jasmani siswa putra sekolah dasar di Wonogiri.


Kata Kunci: Pola Makan, Kebugaran Jasmani, Indeks Massa Tubuh, Frekuensi Olahraga


 

×
Penulis Utama : Ari Hesti Qomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120027
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Pola Makan, Indeks Massa Tubuh dan Frekuensi Olahraga Per Minggu Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Sekolah Dasar di Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pola makan, Kebugaran Jasmani, Indeks Massa Tubuh, Frekuensi Olahraga
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
2. Dr. Sri Santoso Sabarini, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.