Penulis Utama : Enny Suryanti
NIM / NIP : S512002003
×

ABSTRAK 

Enny Suryanti, S512002003, 2024. " Perbedaan Pengaruh Metoprolol dan Carvedilol terhadap Remodeling Ventrikel pada Pasien Infark Miokard Akut ". Tesis. Pembimbing I: dr. Ahmad Yasa’, SpJP(K), FIHA, M.Kes, FAPSC, FAsCC ; Pembimbing II: Dr. dr. An Aldia Asrial SpJP, FIHA. Program Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Remodeling ventrikel mendasari terjadinya gagal jantung pada pasien infark miokard akut (IMA). Metoprolol merupakan antagonis reseptor β1 kardioselektif generasi kedua dianggap lebih unggul dalam penurunan spesifik kadar matriks metalloproteinase-9 (MMP-9) dan left ventricular end diastolic volume (LVEDV), berkaitan dengan remodeling kardiak paska IMA. Sedangkan carvedilol memblokir reseptor β1 dan β2, serta memiliki aktivitas tambahan pada reseptor alfa-1 dengan keunggulan efek protektif pada sifat antioksidan. MMP-9 berkorelasi langsung dengan besarnya perubahan EDV.

Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan pengaruh metoprolol dan carvedilol terhadap remodeling ventrikel pada pasien infark miokard akut 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental single center dengan randomized control trial yang dilakukan pada bulan Juni 2024. Total 40 pasien IMA yang menjalani perawatan di RSUD dr. Moewardi Surakarta secara berurutan dilibatkan dalam penelitian kemudian secara acak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu metoprolol dan carvedilol. Plasma darah dan ekokardiografi dilakukan pada hari pertama sebelum perlakuan dan pada hari ke 5-7 paska terapi. Kadar MMP-9 diperiksa dengan metode ELISA kemudian dianalisis secara statistik. Dilakukan uji t untuk sampel independen dan uji t berpasangan untuk data yang lulus uji normalitas dan uji mann whitney / wilcoxon bila data tidak terdistribusi normal. Hasil dianggap bermakna secara statistik bila nilai p<0>

Hasil: Terdapat penurunan kadar MMP-9 yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan pada kelompok metoprolol yaitu sebesar 370.06 ng/ml (p= 0.007) sedangkan kelompok carvedilol hanya sebesar 34.22 ng/dl (p= 0.737), namun hasil selisih kedua kelompok tersebut tidak didapatkan perbedaan signifikan (p=0,078). Terdapat perbedaan selisih penurunan nilai LVEDV pada kelompok metoprolol dibandingkan kelompok carvedilol (p=0.011), namun tidak terdapat perbedaan pengaruh metoprolol dan carvedilol terhadap adverse remodelling ventrikel pada pasien infark miokard akut secara signifikan (p = 0.062).

Kesimpulan: Terdapat perbedaan selisih penurunan kadar MMP-9 yang tidak signifikan pada kelompok metoprolol dibandingkan kelompok carvedilol. Terdapat perbedaan penurunan LVEDV yang signifikan pada kelompok metoprolol dibandingkan carvedilol, namun tidak terdapat perbedaan signifikan pengaruh metoprolol dan carvedilol terhadap adverse remodeling ventrikel pada pasien infark miokard akut.

Kata kunci: Remodeling ventrikel, metoprolol, carvedilol, infark miokard akut


×
Penulis Utama : Enny Suryanti
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : S512002003
Tahun : 2024
Judul : Perbedaan Pengaruh Metoprolol dan Carvedilol terhadap Remodeling Ventrikel pada Pasien Infark Miokard Akut
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2024
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : remodeling ventrikel, metoprolol, carvedilol, infark miokard akut
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Link DOI : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Ahmad Yasa SpJP. Subsp.K.I.(K), FIHA, M.Kes, FAPSC, FAsCC
2. Dr. dr. An Aldia Asrial SpJP, FIHA
Penguji : 1. dr. Risalina Myrtha SpJP (K), FIHA
2. dr. Astri Kurniati Martiana SpJP Subsp P.R.Kv (K), FIHA
Catatan Umum : Link jurnal belum ada, mohon segera diupdate
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.