Penulis Utama : Ariska Aprilia Nita
NIM / NIP : V1121019
×

Atlet disabilitas merupakan seseorang yang memiliki keterbatasan secara fisik maupun pikiran (mental) yang secara terlatih mendalami suatu cabang olahraga tertentu secara profesional. Di Indonesia, atlet disabilitas berada di bawah naungan organisasi National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), yang merupakan wadah bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga. Hingga saat ini, tercatat bahwa atlet disabilitas Indonesia telah memiliki prestasi yang cemerlang hingga kancah Internasional. Namun, bertolak belakang dengan hal tersebut, ditemukan bahwa pengetahuan dan apresiasi masyarakat terhadap atlet disabilitas Indonesia masih cenderung rendah. Penyebabnya dapat berasal dari berbagai faktor, salah satunya akibat dari kurangnya media yang mempublikasikan prestasi atlet disabilitas. Akibatnya, masyarakat menjadi tidak tahu. Oleh karena itu, dibutuhkan publikasi lebih, salah satunya melalui film dokumenter “Tak Terbatas”. Film dokumenter “Tak Terbatas” merupakan film dokumenter yang menceritakan perjuangan atlet disabilitas Jendi Pangabean, Supriadi, dan Fajar Pambudi yang dikemas dalam bentuk film dokumenter biografi potret.

Dalam pembuatan film dokumenter “Tak Terbatas”, peran penulis sebagai riset dan penulis naskah dibagi dalam 3 tahapan diantaranya, praproduksi; produksi; dan pascaproduksi. Pada tahap praproduksi, penulis bertanggung jawab mengumpulkan berbagai data yang relevan dengan film dokumenter dengan menyebarkan kuesioner, melakukan riset secara daring dan luring (observasi lapangan), selain itu penulis juga membuat treatment film, dan interview guide. Di tahap produksi, penulis bertanggung jawab untuk memberikan briefing kepada narasumber. Tahap terakhir pascaproduksi, penulis berperan dalam membuat narasi yang berguna sebagai penguat cerita film dokumenter.

Film dokumenter merupakan film yang memuat kisah nyata, sehingga setiap data yang disajikan harus sesuai dengan fakta dan realitas yang terjadi. Oleh karena itu, dalam pembuatannya, penulis sebagai riset dan penulis naskah bertanggung jawab penuh dalam memastikan data yang digunakan dapat dipertanggung jawabkan dan berasal dari sumber yang kredibel. Sehingga seluruh informasi yang disajikan dalam film dokumenter sudah dipastikan kebenarannya sebelum didistribusikan kepada audiens.


×
Penulis Utama : Ariska Aprilia Nita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1121019
Tahun : 2024
Judul : Peran Research dan Script Writer pada Produksi Film Dokumenter "Tak Terbatas"
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Komunikasi Terapan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dokumenter, Biografi, Atlet, Disabilitas
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ina Primasari, S.I.Kom., M.I.Kom.
Penguji : 1. Adimas Maditra Permana, S.I.Kom., M.I.Kom.
2. Henricus Hans Setyawan Prabowo, S.I.Kom., M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.