Penulis Utama : Ariq Athallah
NIM / NIP : V0221012
×

Ariq Athallah, V0221012, 2024. Promosi Glamping dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di We Land Sunrise View Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

We Land Sunrise View merupakan satu – satunya destinasi pariwisata yang memiliki penginapan berupa glamping di Sukoharjo. Glamping atau glamour camping adalah penginapan bernuansa alam dengan fasilitas yang mirip dengan hotel berbintang. Glamping ini mulai diresmikan pada bulan November 2023. Namun dari awal diresmikan hingga saat ini promosi glamping belum dilakukan secara maksimal sehingga mempengaruhi minat kunjungan wisatawan.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana data disajikan dan diuraikan dalam bentuk narasi. Metode ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi dokumen, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu fishbone. Fishbone merupakan teknik analisis untuk mengidentifikasi, menggambarkan, dan menganalisis berbagai faktor penyebab masalah atau cacat dalam proses.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa We Land Sunrise View sudah melakukan beberapa cara dalam  promosi glamping guna meningkatkan minat kunjungan wisatawan diantaranya periklanan (advertensi), penjualan personal (personal selling),  promosi penjualan (sales promotion), dan publisitas (publicity). Namun masih memiliki kendala dalam pelaksanaan promosi glamping seperti belum adanya glamping pada platform aplikasi booking hotel dan belum konsisten dalam mempromosikan glamping pada media sosial. Solusi untuk kendala tersebut adalah bekerjasama dengan platform aplikasi booking hotel dan bekerjasama dengan konten kreator untuk promosi media sosial yang lebih konsisten.

Kesimpulan dari penitian ini adalah ditemukan promosi glamping yang belum dilakukan secara maksimal karena ada berbagai kendala dari internal perusahaan. Kendala yang ada bisa disikapi dengan baik dan sudah ditemukan solusi atas kendala tersebut.


×
Penulis Utama : Ariq Athallah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0221012
Tahun : 2024
Judul : Promosi Glamping Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Di We Land Sunrise View Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Promosi, Glamping, We Land Sunrise View
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
2. Nanang Wijayanto, S.S.T., M.M.Par.
3. Dr. Marimin, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.