Penulis Utama : Rahyan Zindaqi Rahbani
NIM / NIP : V0221048
×

ABSTRAK

Rahyan Zindaqi Rahbani, 2024, Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Event Maring Karangsambung di Kebumen Tahun 2023. Program Studi Diploma Il Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 Desa Karangsambung, yang terletak di Kabupaten Kebumen, memiliki berbagai potensi daya tarik seperti sumber daya alam, warisan budaya, dan tradisi yang diyakini dapat menarik minat wisatawan Lingkungan geografis dan kekayaan alam desa inimemberikan nilai tambah yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Event Maring Karangsambung bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke Desa Karangsambung dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai alat promosi. Namun, pengelolaan Instagram olch panitia masih kurang optimal, dan konten yang disajikan belum cukup menarik, schingga daya tarik wisata desa belum sepenuhnya terlihat oleh publik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengctahui strategi promosi, kendala, dan solusi dalam mempromosikan Event Maring Karangsambung.

 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui studi dokumen, studi pustaka, observasi dan wawancara secara langsung kepada Ketua Divisi Media Kreatif Event Maring Karangsambung 2023 untuk mengetahui proses promosi yang diberikan kepada pelanggan untuk memperoleh data. Teknik analisis data ini tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka, melainkan memberi paparan dalam bentuk uraian naratif.

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk menghadapi tantangan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Panitia Event Maring Karangsambung 2023 memutuskan untuk fokus pada strategi promosi melalui media sosial Instagram. Panitia menggunakan Instagram Bisnis untuk memanfaatkan platform sebagai alat pemasaran yang efektif, dengan menciptakan konten visual menarik dan konsisten serta berkolaborasi dengan akun instagram lain untuk memperluas jangkauan.

 Strategi promosi di Event Maring Karangsambung di Kebumen menerapkan strategi promosi yang serius dan terstruktur melalui Instagram Bisnis dengan memanfaatkan fitur yang tersedia didalamnya agar lebih efektif untuk mempromosikan event tersebut. Kendala yang dihadapi dapat teratasi dengan cara mencermati biaya iklan yang hati-hati, fokus pada visual yang menarik dan konsisten, berkolaborasi dengan akun Instagram yang lain, serta menggunakan klan berbayar untuk memperluas jangkauan untuk meningkatkan minat pengunjung.

×
Penulis Utama : Rahyan Zindaqi Rahbani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0221048
Tahun : 2024
Judul : Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Event Maring Karangsambung di Kebumen Tahun 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Strategi, Promosi, Instagram, Event, Maring Karangsambung
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Penguji : 1. Nanang Wijayanto, S.S.T., M.M.Par
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.