3,1340 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%)." /> Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Langsung pada Pokok Bahasan Peluang terhadap Prestasi Pelajar Matematika Siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 13 Surakarta Kelas II Semester 2 Tahun Pelajaran 2004/2005) 3,1340 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%)." />

Penulis Utama : Ules Sulistyani
NIM / NIP : K1301082
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang dikenai model pembelajaran langsung lebih efektif bila dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. (2) untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang motivasi berprestasinya lebih tinggi akan lebih efektif bila dibandingkan dengan prestasi balajar matematika yang motivasi berprestasinya lebih rendah. (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2004/2005. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling random kluster. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas 2C sebagai kelas eksperimen dan kelas 2A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data variabel prestasi belajar matematika siswa digunakan metode tes dan untuk variabel motivasi berprestasi siswa digunakan metode angket, selain itu juga dilakukan pengumpulan data dengan metode dokumentasi yang berupa data nilai raport siswa kelas II semester 1 untuk mata pelajaran matematika yang digunakan dalam uji keseimbangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.<!--?xml:namespace prefix = o ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:office" /-->

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran langsung dan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fhit = 0,0062 < 3 xss=removed xss=removed> 3,1340 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%).

×
Penulis Utama : Ules Sulistyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1301082
Tahun : 2006
Judul : Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Langsung pada Pokok Bahasan Peluang terhadap Prestasi Pelajar Matematika Siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 13 Surakarta Kelas II Semester 2 Tahun Pelajaran 2004/2005)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2006
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi : xiv, 49 hal.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1301082
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suyono, M.Si
2. Ira Kurniawati, S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.