Penulis Utama : Haifa Raida
NIM / NIP : F0309026
×

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh earnings management terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility serta mekanisme corporate governance dalam memoderasi pengaruh antara earnings management dengan pengungkapan CSR. Mekanisme corporate governance pada penelitian ini diukur dengan proporsi komisaris independen, jumlah komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Sedangkan untuk earnings management diukur dengan menggunakan discretionary accrual serta pengungkapan CSR diukur dengan menggunakan Corporate Social Disclosure Index (CSDI) berdasarkan item standar pelaporan Global Reporting Initiative (GRI) yang diungkapkan pada laporan tahunan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur selama tahun 2008-2011, dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 104 sampel. Data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan dan laporan berkelanjutan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 104 sampel. 
Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara earnings management terhadap pengungkapan CSR. Komisaris independen dan kepemilikan institusional memoderasi pengaruh earnings management terhadap pengungkapan CSR. Komite audit dan kepemilikan manajerial tidak memoderasi pengaruh earnings management terhadap pengungkapan CSR.

×
Penulis Utama : Haifa Raida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0309026
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Earnings Management terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F - 2015
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F0309026-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Suranta, SE., M.Si., Ak., BKP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.