Penulis Utama : Yoga Bririan Jati
NIM / NIP : K3309089
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI semester 2 SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. 
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sragen tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif digunakan metode tes sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. 
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,353 > ttabel = 1,671 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,733 > ttabel = 1,671. 
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar kognitif dan afektif yang lebih baik dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid kelas XI IPA SMA N 1 Sragen tahun ajaran 2012/2013. 
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, CIRC, peta konsep, peta pikiran

×
Penulis Utama : Yoga Bririan Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3309089
Tahun : 2014
Judul : Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Menggunakan Peta Konsep dan Peta Pikiran pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Pendidikan Kimia-K.3309089-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si
2. Budi Hastuti, S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.