Penulis Utama : Dhanar Wiyanti Setyoanggraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3210015
Tahun : 2015
Judul : Transfer nilai pendidikan dan keterampilan di seni kerajinan logam alumunium “nuansa” Dukuh Tumang Tegalrejo, Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3210015-2015
Subyek : NILAI PENDIDIKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui pelaksanaan transfer nilai pendidikan dan keterampilan seni kerajinan logam alumunium “Nuansa” (2) mengetahui jenis-jenis keterampilan yang diterapkan pada seni kerajinan logam alumunium “Nuansa” (3) mengetahui ragam desain yang diterapkan dalam kerajinan logam alumunium “Nuansa”.
Penelitian ini menggunakan bentuk deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat, peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dan observasi (pengamatan). Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi data dan informan review. Teknik analisis data yang digunakan model analisis mengalir, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pemindahan nilai pendidikan berasal dari seluruh kegiatan bekerja mulai dari pengetahuan alat dan bahan, pelaksanaan proses pembuatan serta sikap dalam melakukan setiap pekerjaan dalam membuat kerajinan logam alumunium, pemindahan nilai pendidikan tersebut berupa nilai kedisiplinan, nilai ketekunan, nilai ketelitian, nilai tanggungjawab, nilai kasih sayang dan nilai hormat 2) jenis-jenis keterampilan yang diterapkan pada seni kerajinan logam alumunium yaitu keterampilan memotong plat, keterampilan membuat bentuk, keterampilan membakar, keterampilan membuat jabung, keterampilan mengukir dan keterampilan finishing 3) ragam desain kerajinan logam alumunium berupa bentuk geometris yang terdapat pada bentuk produk mangkuk, guci, lampu, meja, bak cuci gantungan kunci dan kaligrafi, desain bentuk alami terdapat pada bentuk desain lampu dinding dan mangkuk berupa bentuk daun dan bunga serta desain bentuk bebas terdapat pada bentuk produk lampu dinding berupa bentuk ragam hias khas Surakarta dan bentuk gunungan wayang.
Kata kunci: nilai pendidikan, keterampilan, kerajinan, desain

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
awalan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
JURNAL.pdf
18.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tjahjo Prabowo, M.Sn
2. Drs. Margana, M.Sn, M.Ds
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP