Penulis Utama : Adi Dwi Susanto
NIM / NIP : K5410004
×

Penelitian ini bertujuan, (1) Mengetahui tendensi pertumbuhan penduduk di kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar, (2) Mengetahui sebaran dan pola keruangan permukiman di kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar, (3) Mengetahui kesesuaian lahan untuk perumahan di kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar. (4) Untuk mengembangkan penelitian berupa materi ajar untuk pembelajaran geografi pada standar kompetensi pembangunan berkelanjutan di SMA kelas XI
Unit analisis dalam penelitian ini adalah satuan perumahan dengan batas administrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan keruangan. Didalam pendekatan keruangan digunakan konsep pola, pola disini dimaksudkan sebagai tatanan geometris yang beraturan. Ada keterkaitan antara pola dan permukiman.
Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode survey deskriptif dimana dalam memperoleh fakta dilapangan sebagian besar menggunakan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis data sekunder dan interpretasi citra. Teknis analisis data (1) laju pertumbuhan penduduk dengan menhitung r (rumus geometric) (2) klasifikasi pola keruangan dengan klasifikasi Whyne-hammand,C. (1985) (3) kelas kesesuaian lahan dengan scoring kemiringan lereng, ancaman banjir, saluran pembuangan, pengatusan permukaan (4) materi ajar berupa modul pembelajaran
Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kesesuaian lahan untuk perumahan dapat disimpulkan bahwa, (1) Laju pertumbuhan penduduk di kecamatan Tasikmadu sebesar 1.7 % selama 8 tahun. (2) Berdasarkan Whyne-hammand,C, dari kenampakan interpretasi dari citra diperoleh bahwa persebaran perumahan di Kecamatan Tasikmadu tergolong kedalam kelas Clustered Medium Density (mengelompok pada daerah tertentu). (3) Berdasarkan scoring, satuan lahan yang terkategori dalam kelas sesuai untuk perumahan antara lain Qlla-I-Lk, Qlla-I-Pmk, Qlla-I-Gd, Qlla-I-Sw, Qlla-I-Tg, Qlla-I-Kb, Qlla-II-Pmk, dan Qlla-II-Kb (4) Dari hasil penelitian sebagai dasar pembelajaran materi ajar pada standar kompetensi pembangunan berkelanjutan.
Kata kunci : perumahan, penggunaan lahan, kesesuaian lahan dan interpretasi citra.

 

×
Penulis Utama : Adi Dwi Susanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5410004
Tahun : 2015
Judul : Analisis kesesuaian lahan untuk perumahan di kecamatan tasikmadu kabupaten karanganyar tahun 2014 (Untuk Memperdalam Materi Pembelajaran Geografi Kelas XI Standar kompetensi Pembangunan Berkelanjutan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5410004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si
2. Dra. Inna Prihartini, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.