Penulis Utama : Riska Ayu Puspitarani
NIM / NIP : E0011266
×

Riska Ayu Puspitarani, E0011266, 2015. TINJAUAN TENTANG PERISTIWA HUKUM YANG DIDAKWAKAN BUKAN MERUPAKAN TINDAK PIDANA SEBAGAI ALASAN PENGAJUAN EKSEPSI TERDAKWA DALAM PERSIDANGAN PERKARA PENGUASAAN TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAYAPURA NOMOR: 46/PID.B/2011/PN.JPR).
Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

    
Bahwa dalam Pasal 143 KUHAP surat dakwaan harus disusun secara teliti, cermat dan lengkap sebab berfungsi sebagai dasar pemeriksaan di pengadilan. Untuk menghindari ketidaktelitian dan ketidakcermatan penyusunan surat dakwaan yang dapat mengakibatkan surat dakwaan kabur (Obscur Libel) atau surat dakwaan tidak diterima.
Penulisan Hukum ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa eksepsi dari terdakwa diterima atas peristiwa hukum yang didakwakan bukan merupakan tindak pidana dan mengetahui pertimbangan hakim dalam menerima eksepsi dari terdakwa sudah sesuai dengan KUHAP.
Penulisan Hukum ini termasuk dalam jenis penelitian hukum normatif yang memberikan preskriptif mengenai alasan pengajuan eksepsi oleh terdakwa dengan alasan peristiwa hukum yang didakwakan bukan merupakan tindak pidana dan pertimbangan hakim dalam memeriksa dan memutus eksepsi terdakwa yang menggunakan pendekatan kasus (case approach) dan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi kepustakaan untuk mengumpulkan bahan hukum dengan membaca peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan negeri Jayapura Nomor: 46/Pid.B/2011/PN.JPR maupun dari buku-buku, literature, dokumen resmi atau karya ilmiah dan jurnal hukum para ahli yang berhubungan dengan masalah yang diteliti penulis. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan dengan metode silogisme dengan menggunakan pola berfikir deduktif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu tinjauan tentang peristiwa hukum yang didakwakan bukan merupakan tindak pidana sebagai alasan pengajuan eksepsi Terdakwa dalam persidangan perkara penguasaan tanah (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jayapura Nomor: 46/Pid.B/2011/PN.JPR.

Kata Kunci    : Eksepsi, Surat Dakwaan, Putusan Pengadilan Negeri Jayapura

 

×
Penulis Utama : Riska Ayu Puspitarani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011266
Tahun : 2015
Judul : Tinjauan Tentang Peristiwa Hukum Yang Didakwakan Bukan Merupakan Tindak Pidana Sebagai Alasan Pengajuan Eksepsi Terdakwa Dalam Persidangan Perkara Penguasaan Tanah (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jayapura Nomor: 46/PID.B/2011/PN.JPR)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0011266-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.