Penulis Utama : Rimzadhika Candra Hendrawan
NIM / NIP : I0607020
×

ABSTRAKSI
Sekarang ini kebutuhan akan tempat tinggal di kota terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Perpindahan penduduk dari desa ke kota yang terus meningkat menyebabkan kota berkembang menjadi semakin padat. Dengan semakin padatnya wilayah perkotaan maka ketersediaan lahan di kota semakin terbatas, maka secara alamiah terjadi pemilihan alternatif dalam memenuhi kebutuhan ruang untuk tempat tinggal akan mengambil ruang di daerah pinggiran kota.Masyarakat memilih lokasi tempat tinggal dengan berbagai pertimbangan yang tidak hanya ditentukan oleh kondisi tempat tinggal saja namun keadaan di lingkungan sekitar tempat tinggal juga besar pengaruhnya. Masyarakatakan menyesuaikan dengan preferensi yang dimilikinya untuk memilih lingkungan hunian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepentingan faktor pemilihan lokasi bermukim masyarakat penghuni perumahan formal di wilayah pinggiran Kota Surakarta.Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitudengan mendeskripsikan hasil kompilasi data yang didapat dari kuesioner yang telah didapatkan dari lapangan.Dari hasil analisis yang telah dilakukan,  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang dianggap sangat penting untuk dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi hunian di wilayah pinggiran Kota Surakarta antara lain faktor harga rumah, faktor ketersediaan prasarana listrik, dan prasarana air bersih. Kemudian faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih lokasi hunian adalah faktor bebas polusi udara, faktor luas tanah, faktor ketersediaan sarana pendidikan, faktor ketersediaan sarana perdagangan, dan faktor ketersediaan sarana peribadatan. Sedangkan faktor yang tidak penting untuk dijadikan pertimbangan dalam pemilihan lokasi hunian di wilayah pinggiran Kota Surakarta antara lain faktor lingkungan yang begengsi dan faktor kemudahan transportasi.
Kata Kunci: Lokasi Bermukim, Perumahan Formal, Pinggiran Kota
ABSTRACT
Nowadays the necessity of residence in the city continues to increase the movement of population from rural to urban areas are increased causing the developed city became increasingly dense. with the increase of the dense of urban areas, the availability of land in the city has become more limited, it naturally occurs selection of alternatives to fulfill the needs of space for residence that will take up space in the suburbs. the citizen choose the location to live with a variety of considerations that are not only determined by the living conditions it self but the condition of circumstances around the residential also have a big influence. society will adapt to its preference to select residential environment.
The aim of this research is to know the interest rate selection of location settled factors of formal public housing residents in the suburban Surakarta City.The method of the analysis used in this research is descriptive analysis method which is describing the result of a compilation data obtained from questionaires that have been obtained in research area.From the analysis that have been done, it can be concluded that the factors which assumed as very important factor to considered in selection of occupancy location in suburb of Surakarta are the factor of home prices, the availability of electrical infrastructure and water infrastructure. Then the important factors to considered in selection of occupancy location are free of air pollution factor, large of land area's factor, the availability of means of trade and the availability of places of worship. While the unimportant factors to be considered in selection of occupancy location in suburb of Surakarta are prestigious environmental factor and the ease of transportation
Keywords: Settled Location, Formal Housing, Suburb

×
Penulis Utama : Rimzadhika Candra Hendrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0607020
Tahun : 2015
Judul : Tingkat Kepentingan Faktor Pemilihan Lokasi Bermukim Masyarakat Penghuni Perumahan Formal di Wilayah Pinggiran Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Arsitektur-I0607020-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murtanti Jani Rahayu ST, MT
2. Ir. Rizon Pamardhi Utomo, MURP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.