Penulis Utama : Gemala Rinaldy Rahardja
NIM / NIP : G0011100
×

Latar Belakang : Bayi dengan Berat Lahir Rendah (BLR) cenderung mengalami kerusakan otak serta kejadian Epilepsi. Selain itu, bayi yang lahir dengan bantuan alat mempunyai risiko untuk mengidap Epilepsi dibandingkan bayi yang lahir secara normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Berat Badan Bayi Lahir dan proses persalinan terhadap terjadinya Epilepsi pada anak.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan studi case-control. Subjek penelitian ini adalah anak yang terdiagnosis pasti Epilepsi berumur sampai dengan 18 tahun, Epilepsi sesuai dengan kriteria diagnosis Epilepsi dari ILAE (International League Agains Epilepsy, 1989) yang berobat jalan di Poliklinik Saraf Anak RSUD Dr. Moewardi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan data Rekam Medik. Berat Badan Bayi Lahir dan proses persalinan terhadap terjadinya Epilepsi pada anak dianalisis tingkat kemaknaannya dengan uji Chi – Square (X2) menggunakan SPSS 22.0 for Windows.
Hasil Penelitian : Dari 68 subjek penelitian, 57 anak memiliki Berat Badan Lahir Normal dan 11 anak memiliki Berat Badan Lahir Rendah. Sedangkan pada riwayat proses persalinan, 63 anak memiliki riwayat proses persalinan spontan dan 5 anak memiliki riwayat proses persalinan dengan alat (sectio caesaria). Uji Chi – Square (X2) antara Berat Badan Bayi Lahir dengan Epilepsi pada anak menunjukkan hasil X2 hitung (0,003) < X2 tabel (3,841) maka tidak ada perbedaan yang bermakna. Analisis juga menunjukkan p value = 0,959 (p > 0,05) maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Selain itu, Uji Chi – Square (X2) antara proses persalinan dengan Epilepsi pada anak menunjukkan hasil X2 hitung (0,021) < X2 tabel (3,841) maka tidak ada perbedaan yang bermakna. Analisis juga menunjukkan p value = 0,886 (p > 0,05) maka tidak ada perbedaan yang signifikan.
Simpulan Penelitian : tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Berat Badan Bayi Lahir dan proses persalinan terhadap terjadinya Epilepsi pada anak.
Kata kunci : Berat Badan Bayi Lahir, proses persalinan, Epilepsi pada anak.

 

×
Penulis Utama : Gemala Rinaldy Rahardja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011100
Tahun : 2015
Judul : Berat badan bayi lahir dan proses persalinan pada penderita epilepsi anak di rsud dr. moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011100-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suci Murti Karini, Dra., M.Si
2. Sumardiyono, S.KM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.