Penulis Utama : Taufan Dwi Prakoso
NIM / NIP : E0011309
×

ABSTRAK
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana pelaksanaan pemberian pelayanan pendidikan bagi kaum difabel sebagai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel dalam pemenuhan hak asasi manusia di Kabupaten Klaten. Kedua, apakah hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pemberian pelayanan pendidikan bagi kaum difabel sebagai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel di Kabupaten Klaten. Ketiga, bagaimana upaya penyelesaian dari hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pemberian pelayanan pendidikan bagi kaum difabel sebagai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel di Kabupaten Klaten.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris (applied law research)bersifat deskriptif. Jenis data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan (dokumentasi) data primer dan data sekunder berupa peraturan perundangan, artikel maupun dokumen lain yang dibutuhkan. Selanjutnya teknis analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pemberian pelayanan pendidikan bagi kaum difabel dilihat dari substansi hukum, struktur hukum, dan budaya hukum, bahwa Pemerintah Derah Kabupaten Klaten telah mengimplementasikan isi dari Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel. Khususnya dalam hal ini adalah pelaksanaan pelayanan pendidikan difabel yang diatur dalam Pasal 13 sampai dengan Pasal 18 Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel. Akan tetapi, pelaksanaan dari Peraturan Daerah tersebut khususnya dalam hal pendidikan masih belum secara maksimal diterapkan, hambatan-hambatan masih banyak terjadi dalam pelaksanaannya. Untuk itu diperlukan upaya untuk menyelesaikan hambatan-hambatan yang terjadi seperti menguatkan kerjasama antara instansi terkait di pemerintahan daerah agar hak-hak kaum difabel dapat terpenuhi khususnya dalam hal pendidikan di Kabupaten Klaten.
Kata Kunci : Difabel, Substansi Hukum, Struktur Hukum, Budaya Hukum, Pendidikan
ABSTRACT
This research describe and examine several problem; first, how educational service given to difabel on regional regulation number 2 year 2011 concerning equality, self supporting, and prosperity of difable; second, what are the obstacles which present on implementation of regional regulation number 2 year 2011 concerning equality, self supporting, and prosperity of difable, and; third, how the obstacles on implementation of regional regulation number 2 year 2011 concerning equality, self supporting, and prosperity of difable being solved.
Research categorized as descriptive applied law research, using primary and secondary data. Technique used on collecting data are documentation as primary data, and  laws, articles, and other kind of document related to this as secondary data. Qualitative analysis utilized to analyze the data.
The results show that klaten regional regulation mentioned before, especially on difabel educational services which stated on section 13 to 18, already implemented. But, the implementation of that regional regulation isn’t optimized yet, since many obstacles still found. Hence, those obstacles have to be solved through strengthening cooperation between stakeholding instance in order that difabel’s rights can be fulfilled, especially on educational service.
Keywords: difable, legal substance, legal structure, legal culture, education.

×
Penulis Utama : Taufan Dwi Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011309
Tahun : 2015
Judul : Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Kesetaraan, Kemandirian, dan Kesejahteraan Difabel Terkait dalam Pemberian Kesamaan Hak dan Kesempatan untuk Memperoleh Layanan Pendidikan di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011309-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aminah, S.H., M.H.
2. Jadmiko Anom Husodo, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.