Penulis Utama : Raditya Alif Fariz Kusumo
NIM / NIP : F0210111
×

ABSTRAK
“ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA”
(Studi pada Bank Umum Konvensional yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2013)”
Oleh:
RADITYA ALIF FARIZ KUSUMO
NIM. F0210111
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi Non Performing Loan (NPL) pada perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009 – 2013.
Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 29 perusahaan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah memenuhi kriteria pengambilan sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Bank tahun 2009 – 2013. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, Return On Assets, SIZE, dan Tingkat Suku Bunga Pinjaman terhadap Non Performing Loan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 – 2013.
Berdasarkan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan adanya penyimpangan. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan pada model persamaan regresi linier berganda. Hasil analisis secara parsial menunjukkan jika variabel Capital Adequacy Ratio, Return On Assets, dan Tingkat Suku Bunga Pinjaman berpengaruh secara signifikan terhadap Non Performing Loan. Sedangkan variabel Loan to Deposit Ratio dan SIZE berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Non Performing Loan. Sedangkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa kelima variabel berpengaruh secara signifikan terhadap Non Performing Loan. Kemampuan prediksi dari kelima variabel terhadap Non Performing Loan adalah sebesar 28,4%, sementara 71,6% lainnya dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel independen yang ada diluar penelitian.
Kata kunci : Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Assets (ROA), SIZE, Tingkat Suku Bunga Pinjaman.

×
Penulis Utama : Raditya Alif Fariz Kusumo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0210111
Tahun : 2015
Judul : “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA” (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2013)”
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi Jur. Manajemen-F.0210111-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Harmadi, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.