Penulis Utama : Apriliana Kuswardani
NIM / NIP : F3612011
×

Manajemen resiko merupakan suatu prosedur dan kebijakan yang dilakukan oleh pihak bank untuk menanggulangi resiko yang muncul di kemudian hari. Salah satu bentuk manajemen resiko adalah dengan restrukturisasi kredit. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya kredit mikro bermasalah, bagaimana manajemen resiko yang diterapkan serta prosedur restrukturisasi kredit pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Kantor Cabang Pembantu Boyolali.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan lapangan yaitu dengan penelitian dan pengamatan secara langsung serta pencarian data yang akan digunakan dan penelitian kepustakaan yaitu mencari data dengan membaca buku-buku literatur yang relevan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan kepustakaan.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit mikro bermasalah antara lain berasal dari intern perusahaan maupun nasabah, dan juga ekstern dari perusahaan dan nasabah. Selain faktor intern dan ekstern juga ada faktor lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya kredit mikro bermasalah, yaitu misalnya salah analisa kredit, harga agunan turun serta kondisi keuangan yang menurun. Manajemen resiko kredit melalui restrukturisasi yang dilakukan adalah dengan penjadwalan kembali. Implementasi dari restrukturisasi tersebut adalah dengan perpanjangan jangka waktu kredit dan pengurangan tunggakan bunga kredit. Sedangkan prosedur restrukturisasi yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap permohonan, tahap analisa, pengajuan usul, perubahan data,dan tahap monitoring.
Saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini adalah bagi bank agar lebih selektif lagi dalam menganalisa permohonan kredit dan menentukan nasabah mana yang layak dilakukan restrukturisasi serta menjalankan proses restrukturisasi sesuai prosedur yang telah ada, bagi nasabah yaitu agar lebih terbuka lagi kepada pihak bank dan memberikan informasi yang sebenar-benarnya, sedangkan bagi pembaca dan peneliti selanjutnya agar lebih mengupas lebih dalam mengenai restrukturisasi.
Kata kunci : Manajemen Resiko, Kredit Bermasalah, Restrukturisasi Kredit

×
Penulis Utama : Apriliana Kuswardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3612011
Tahun : 2015
Judul : Manajemen resiko kredit mikro melalui restrukturisasi pada pt bank pembangunan daerah jawa barat dan banten, tbk kantor cabang pembantu Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Keuangan Dan Perbankan-F.3612011-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo SE, Msi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.