Penulis Utama : Febrina Suci Hati
NIM / NIP : S021308032
×

ABSTRAK
Latar Belakang :Periode penting dalam proses tumbuh kembang anak adalah masa lima tahun pertama  yang merupakan masa emas kehidupan individu atau disebut dengan the golden period.Stimulasi dari orang tua serta status gizi merupakan dua faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara status gizi serta stimulasi perkembangan terhadap perkembangan motorik dan bahasa pada balita usia 1-3 tahun di Kec Sedayu,Kab Bantul.
Metode : Jenis penelitian menggunakan desain cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah sampel 95  ibu dan balita usia 1-3 tahun.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan serta formulir KPSP . Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil : 1)Terdapat hubungan positif yang lemah dan secara statistik tidak signifikan antara stimulasi tumbuh kembang dengan perkembangan motorik anak usia 1-3 tahun di Kec.Sedayu ( p = 0.44; CI 95%; OR = 1.88) 2)Terdapat hubungan positif  dengan kekuatan sedang dan secara statistik signifikan antara status gizi dengan perkembangan motorik anak usia 1-3 tahun di Kec. Sedayu ( p = 0.0001; CI 95%; OR = 3.69) 3)Terdapat hubungan positif dengan kekuatan yang kuat dan secara statistik signifikan antara stimulasi tumbuh kembang dengan perkembangan bahasa anak usia 1-3 tahun di Kec.Sedayu ( p = 0.001; CI 95% ; OR = 3.37).4)Terdapat hubungan positif dengan kekuatan sedang dan secara statistik signifikan antara status gizi dengan perkembangan bahasa anak usia 1-3 tahun di Kec.Sedayu ( p = 0.001; CI 95% ; OR = 6.49).
Simpulan:  Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi serta stimulasi perkembangan terhadap perkembangan bahasa pada balita usia 1-3 tahun, tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stimulasi terhadap perkembangan motorik.
Kata Kunci: status gizi, stimulasi perkembangan, perkembangan motorik, perkembangan bahasa

×
Penulis Utama : Febrina Suci Hati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021308032
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Status Gizi Serta Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Perkembangan Motorik dan Bahasa pada Anak Batita Usia 1-3 Tahun di Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021308032-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.H.Muh.Syamsulhadi, dr, SpKJ (K)
2. Dr. Budiyanti Wiboworini, M.Kes, SpGK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.