Penulis Utama : Satriya Adi Andriyani
NIM / NIP : K1211065
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) analisis tekstual kumpulan cerpen Sampah Bulan Desember karya Hamsad Rangkuti, (2) analisis kontekstual kumpulan cerpen Sampah Bulan Desember karya Hamsad Rangkuti, (3) relevansi naskah cerpen sebagai bahan pembelajaran sastra Indonesia di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu: sumber data primer berupa dokumen keempat naskah cerpen yang terdapat di dalam kumpulan cerpen Sampah Bulan Desember, serta sumber data sekunder berupa informan (guru dan siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik mengkaji dokumen dan wawancara. Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian adalah tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan akhir.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) analisis struktur tekstual dalam naskah tersebut ditemukan data aspek gramatikal berupa pengacuan (reference) sebanyak 1372 data (82%), penyulihan (substitution) 49 data (3%), pelesapan (ellipsis) 21 data (1%), dan perangkaian (conjunction) 240 data (14%), sedangkan data aspek leksikal berupa repetisi (pengulangan) sebanyak 60 data (25%), sinonimi (padan kata) 74 data (30%), antonimi (lawan kata) 27 data (11%), kolokasi (sanding kata) 33 data (14%), hiponimi (hubungan atas-bawah) 1 data (1%), dan ekuivalensi 47 data (19%); (2) analisis aspek kontekstual ditemukan empat prinsip penafsiran yang digunakan sebagai acuan dalam memahami naskah cerpen yaitu: (a) prinsip penafsiran personal, (b) prinsip penafsiran lokasional (c) prinsip penafsiran temporal, dan (d) prinsip analogi; (3) empat cerpen yang diteliti terdiri dari tiga kategori yaitu: cerpen yang cocok sebagai bahan ajar, kurang cocok sebagai bahan ajar, dan tidak cocok sebagai bahan ajar; (4) kumpulan cerpen Sampah Bulan Desember memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Pertama. Hal ini terlihat dari kesesuaian cerpen dengan kompetensi dasar yang terdapat di dalam Kurikulum 2013, teori mengenai bahan ajar, teori mengenai karya sastra yang baik sebagai materi ajar serta didukung oleh pendapat informan yaitu: guru dan siswa.
Kata kunci: analisis wacana tekstual, analisis wacana kontekstual, bahan ajar,
Relevansi

×
Penulis Utama : Satriya Adi Andriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211065
Tahun : 2015
Judul : Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Kumpulan Cerpen Sampah Bulan Desember Karya Hamsad Rangkuti Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211065-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Ph. D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.