Penulis Utama : Dwi Retno Wulan Setyorini
NIM / NIP : K4212025
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan  dan  menjelaskan:  (1) bentuk analisis wacana tekstual dalam cerita wayang Sekutrem Krama karya Budi Susanto Panjebar Semangat edisi Agustus-Oktober 2015; (2) bentuk analisis wacana kontekstual dalam cerita wayang Sekutrem Krama karya Budi Susanto Panjebar Semangat edisi Agustus-Oktober 2015; (3) relevansi cerita wayang Sekutrem Krama karya Budi Susanto Panjebar Semangat edisi Agustus-Oktober 2015 sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Juli 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data adalah dokumen dan informan. Dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah  cerita wayang Sekutrem Krama karya Budi Susanto Panjebar Semangat edisi Agustus-Oktober 2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan  purposive  sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis mengalir.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) analisis wacana tekstual ditemukan data aspek gramatikal berupa pengacuan 67%, substitusi 1%, pelesapan 2%, dan perangkaian 31%, sedangkan aspek leksikal berupa repetisi 32%, sinonimi 13%, antonimi 24%, kolokasi) 5%, hiponimi 9%, dan ekuivalensi 16%; (2) analisis wacana kontekstual ditemukan empat prinsip, yaitu: (a) prinsip penafsiran personal 75%; (b) prinsip penafsiran lokasional 14%; (c) prinsip penafsiran temporal 5%; (d) prinsip analogi 3%; dan (e) analisis inferensi 3%; (3) cerita wayang Sekutrem Krama karya Budi Susanto Panjebar Semangat edisi Agustus-Oktober 2015 relevan sebagai bahan ajar pembelajaran cerita wayang di SMP sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.1 dan 4.1 kelas VIII pada Kurikulum 2013.

Kata Kunci : analisis wacana tekstual, analisis wacana kontekstual, bahan ajar

×
Penulis Utama : Dwi Retno Wulan Setyorini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212025
Tahun : 2019
Judul : Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Cerita Wayang Sekutrem Krama Karya Budi Susanto Panjebar Semangat Edisi Agustus-Oktober 2015 serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4212025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.