Penulis Utama : Siti Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C.0111033
Tahun : 2015
Judul : Pandangan dunia pengarang dalam tragedi antologi cerkak mawar abang karya ariesta widya (Sebuah Tinjauan Strukturalisme Genetik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Jawa-C.0111033-2015
Subyek : CERKAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana unsur struktural 6 cerkak dalam ACMA karya Ariesta Widya menurut Robert Stanton (2) bagaimana kondisi sosiohistoris dan ideologi Ariesta Widya yang mempengaruhi munculnya ACMA (3) bagaimana pandangan dunia pengarang pada 6 cerkak dalam ACMA karya Ariesta Widya terhadap tragedi kehidupan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) memaparkan unsur struktural 6 cerkak dalam ACMA karya Ariesta Widya menurut Robert Stanton (2) memaparkan kondisi sosiohistoris dan ideologi Ariesta Widya yang mempengaruhi munculnya ACMA (3) memaparkan pandangan dunia pengarang pada 6 cerkak dalam ACMA karya Ariesta Widya terhadap tragedi kehidupan.
Manfaat teroritis dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan kesastraan terkait dengan teori struktural dan strukturalisme genetik. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pendekatan struktural, ideologi dan sosiohistoris pengarang, dan pandangan dunia pengarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Antologi Cerkak Mawar Abang karya Ariesta Widya tahun 2014 dan pengarang Antologi Cerkak Mawar Abang. Data primer adalah unsur struktural 6 teks cerkak dengan aspek-aspek ideologi dan sosiohistoris, dan pandangan dunia pengarang. Data sekunder adalah foto, dan buku-buku serta referensi yang relevan dengan topik penelitian ini serta yang mendukung dalam analisis penelitian.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) unsur struktur saling terkait dibangun dari unsur struktural yang terangkum dalam satu kesatuan yang saling menjalin. Tema yang diambil adalah religi yang menyangkut masalah moral, perjuangan, dan cinta kasih dalam tragedi kehidupan (2) ideologi dan sosiohistoris pengarang dalam menggambarkan kehidupan tragis dalam ACMA dipengaruhi oleh kehidupan pribadi pengarang dan masyarakat sekitar. Ideologi pembuatan ACMA ini berasal dari kitab injil dan Serat Sabdo Djati karya Ranggawarsita. Di dalamnya terdapat ajaran untuk bersabar, iklas, dan pasrah (3) pandangan dunia pengarang membahas tentang ideologi Ariesta widya yang menganut agama Katholik dan penggambaran religiusitas Ariesta Widya melalui tokoh-tokoh yang diciptakan. Tokoh-tokoh yang diciptakan merupakan orang-orang sebenarnya yang mengalami tragedi kehidupan dan juga tokoh yang diciptakan untuk mewakili keadaan masyarakat sekitar.
Kata kunci: cerkak, ideologi dan sosiohistoris, pandangan dunia pengarang.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
IMG_20151224_0005.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum
2. Dra. Sundari, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya